Konjen AS di Surabaya Puji dan Promosikan Wayang Potehi Jombang di Dunia Internasional

0
179

Nusantara.news, Surabaya – Kabupaten Jombang patut berbangga karena salah satu kesenian khas Jombang yakni Wayang Potehi dipentaskan di Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya dan Pusat Kebudayaan AS Jakarta secara bersamaan, Rabu (1/1/2017).

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang diundang khusus ke Konsulat Amerika Serikat di Surabaya menyatakan rasa bangga, karena Jombang menjadi motor penggerak kebudayaan Wayang Potehi. “Wayang Potehi ini sebelumnya sudah hampir punah. Dengan pementasan dalam rangka Imlek 2568 ini, Wayang Potehi bukan hanya mendapat suntikan semangat baru, tetapi juga akan go international, sesuai yang dikatakan Konsul Amerika di Surabaya,” kata Nyono yang menjadi bintang dalam acara yang dihadiri oleh tokoh-tokoh Tionghoa Jatim

Jombang, imbuh Nyono yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jatim,  patut berbangga, karena meski daerah kecil, bisa membangkitkan kembali semangat seniman terutama dalam melestarikan Wayang Potehi. “Kini, Wayang Potehi malah go international,”  katanya lagi dalam percakapan dengan Nusantara.news, di Surabaya, Kamis (2/2/2017).

Pada pentas di Komjen AS Surabaya, tampil Toni Harsono, budayawan asal Gudo, Jombang sebagai dalang utama yang memainkan lakon di Jakarta, sementara latar, musik dan peralatan panggung dimainkan di Surabaya.

Pentas mengambil lakon Kwan Kong Kwe Ngo Kwan, yang bercerita tentang kepahlawan panglima perang pada jaman tiga kerajaan, Kwan Kong, yang berniat menuju Kota Ho Pak. Ceritanya, dalam perjalannya, Kwan Kong dihadang oleh banyak musuh, namun semua berhasil ditumpasnya dan melanjutkan perjalanan.

Konsul Jenderal AS di Surabaya Heather Variava mengapresiasi petas Wayang Potehi. Dikatakan, keragaman budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai. Keragaman budaya itu  dimiliki oleh dua negara baik Indonesia maupun Amerika. “Kami ingin menunjukkan bahwa keragaman budaya seperti Indonesia dan Amerika adalah hal yang patut dijunjung tinggi,” ungkapnya.

Heather juga menjelaskan bahwa Amerika adalah juga negara yang menjunjung tinggi keberagaman seperti Indonesia. Apalagi Amerika merupakan negara dengan banyak etnis. Beberapa Pecinan (Cina Town) besar juga tersebar di seluruh Amerika. Pagelaran Wayang Potehi itu sendiri menurut Heather, merupakan salah satu upaya dalam rangka mempromosikan kebudayaan Indonesia di dunia internasional. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here