Bupati Banyuwangi Promosikan Daerahnya Pada Investor

0
149

Nusantara.news, Banyuwangi –  Sudah menjadi kelaziman di era pemerintahan modern ketika investor menjadi mitra utama dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Pemerintah daerah mendapatkan keuntungan berupa kucuran dana tambahan dan bonus SDM ketika bersedia bekerjasama dengan investor dalam pelaksanaan berbagai proyek pembangunan.

Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang ingin menjalankan proses public privat partnership dengan para investor dalam pembangunan sektor pariwisata dan pertanian. Saat menghadiri forum Mandiri Investment Forum di Jakarta pada hari Kamis (9/2/2017), Bupati Azwar Anas mempromosikan potensi wisata dan pertanian yang dimiliki wilayah ini sehingga investor tertarik untuk bekerjasama untuk menanamkan modal di wilayahnya.

“Saya baru saja diundang dalam Mandiri Investment Forum, berbicara di hadapan pelaku usaha dalam dan luar negeri. Ini kesempatan bagus dan langka untuk promosi. Kepercayaan dari perbankan dan dunia usaha kepada Banyuwangi tidak kami sia-siakan dengan mempromosikan potensi wisata dan pertanian, serta mengajak mereka untuk ikut mengembangkannya,” ujar Azwar Anas.

Prospektif

Menurut Azwar Anas Kabupaten Banyuwangi memiliki prospek yang cerah bagi para investor dalam sektor pertanian dan pariwisata. Hal tersebut tidak terlepas dari menggeliatnya dua sektor tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Bupati mencontohkan, pada sektor pariwisata, di tahun 2016 kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 80.000 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 4 juta orang. Para wisatawan tersebut mengunjungi berbagai destinasi wisata unggulan seperti gunung Ijen, pantai Bangsring, Pantai Pulau Merah, dan beberapa destinasi yang lain.

Pada sektor pertanian, bupati mempromosikan Banyuwangi sebagai  lumbung pangan dan hortikultura. Beberapa produk pertanian Banyuwangi yang layak menjadi komoditas ekspor antara lain adalah  manggis, jeruk, buah naga, dan durian merah. Bahkan, produk beras merah Banyuwangi telah dipasarkan hingga ke luar negeri. “Produk jeruk Banyuwangi kualitasnya diakui oleh Kementrian Pertanian”, ungkap Anas  []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here