Wabup Jember Gagas Cyber Pesantren

0
54

Nusantara.news, Jember – Sejumlah pesantren di Jember dibidik menjalankan dakwah dengan memanfaatkan sarana internet dalam program Cyber-Pesantren.

Setidaknya itulah yang diungkap Wakil Bupati Jember Muqit Arif kepada nusantara.news.

“Saya tadi sempat berkomunikasi dengan beberapa alumni pondok pesantren, sehingga ini akan jadi gerakan bersama,” kata Muqit, usai acara seminar nasional yang digelar Ikatan Alumni Pondok Pesantren Annuqoyah, di aula Kantor Bank Indonesia Jember, Minggu (19/2/2017).

Muqit Arif menjelaskan jika ide pembentukan komunitas cyber merupakan upaya mengejawantahkan saran dari Wagub Saifullah Yusuf tentang pentingnya edukasi jurnalistik warga (Citizen Journalism) ataupun jurnalisme media sosial. “Kita ingin pesantren memberikan warna di dunia medsos. Jangan sampai yang berkembang di sana justru hoax tentang ahlussunnah wal jamaah (aswaja),” ungkapnya.

Muqit mengharapkan akan adanya peningkatan kemampuan santri dalam penggunaan teknologi informasi. “Tapi itu masih sebagian kecil. Maka apa yang ditawarkan Gus Ipul untuk melaksanakan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan dakwah, menjadi sesuatu yang sangat menarik dan kami akan tindak lanjuti,” tutup Muqit.

Jember memiliki ribuan sumber daya produktif yang hidup di pesantren-pesantren dengan beragam kulturnya. Untuk mengimbangi arus deras globalisasi dan modernitas, diperlukan kiat khusus dari pemerintah dengan mewujudkan program-program peningkatan SDM Produktif di Kabupaten Jember. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here