6000 Pelanggan PDAM di Jember Kering Air, Numpang Solat di Pom Bensin

0
327

NUSANTARA.NEWS, Jember –  PDAM sebagai salah satu BUMN yang bergerak pada sektor air bersih, wajib memberikan pasokan secara continue kepada masyarakat yang menjadi konsumenya.  Akan tetapi, pelayanan maksimal terkait air bersih tidak dirasakan oleh 6000 konsumen PDAM di Jember. Sudah seminggu terakhir warga di sekitar kecamatan  Tegal Besar tidak tersaluri air dari PDAM.

Masyarakat mulai resah ketika air yang menjadi sumber kehidupan mereka tidak terpenuhi. Sebagian besar warga di beberapa kelurahan dan perumahan Tegal Besar harus mencari air ke POM Bensin, Mushola, hingga menumpang ke tetangga yang memiliki ketersediaan air. Bahkan kegiatan mandi, cuci dan sholat tidak bisa lagi dilakukan di dalam rumah.

“Warga kami kesulitan untuk beraktifitas. Seluruh warga perumahan kesusahan ketika kebutuhan paling dasar tidak terpenuhi, bahkan untuk mandi, cuci dan sholat harus menumpang di pom terdekat, padahal jika kita lihat jumlah air melimpah apalagi sekarang sedang musim hujan,” kata Ketua RT Perumahan Taman Gading Jember Kris Henrijanto di Jember, Rabu  (25/1/2017).

Sementara itu, pihak PDAM menjelaskan jika tersendatnya saluran pipa PDAM disebabkan oleh banjir yang melanda Jember beberapa hari yang lalu. Menurut PDAM tumpukan sampah dari banjir menyebabkan kerusakan pompa sehingga aliran air untuk masyarakat tersendat.

Secara terpisah Humas PDAM mengakui, sebanyak  6000 pelanggan yang ada di zona satu Jember terganggu distribusi air bersihnya dri PDAM, sejak Senin sampai hari Rabu (25/1/2017). Penyebabnya pompa air PDAM terkena banjir sehingga tercemar tumpukan sampah sehingga mengakibatkan kerusakan pompa.

Lokasi pompa yang rusak terletak di villa istana Tegal besar, Jember.“Hari ini sudah diperbaiki meskipun belum ada kepastian selesai, untuk mengantisipasi kebutuhan air bersih, PDAM menyediakan tangki berisi air bersih gratis”, lanjutnya.

Pemberian pelayanan yang berkualitas oleh PDAM terkait ketersediaan air adalah sebuah keharusan. PDAM sebagai perusahaan negara wajib mempraktikan nilai ideal New Public Service yang memposisikan warga negara sebagai mitra yang harus dilayani secara maksimal. PDAM perlu melakukan perbaikan pelayanan berupa antisipasi secara cepat dan tepat ketika ada permasalahan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here