Jember Luncurkan Perpustakaan Khusus Disabilitas

0
153

Nusantara.news, Jember – Salah satu bukti komitmen pemerintahan Kabupaten Jember memfasilitasi orang berkebutuhan khusus, pada Hari Rabu (15/3/2017) telah diresmikan perpustakaan khusus Disabilitas. Pada kesempatan ini, Bupati Jember dr. Faida bersama dengan  Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso meresmikan Braille Corner di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jember.

Bupati Faida mengungkapkan jika langkah awal ini sebagai salah satu awalan dari pemerintah untuk mewujudkan perpustakaan yang memfasilitasi kaum disabilitas.

“Dengan diresmikannya Braille Corner ini, kami ingin ke depan ada perpustakaan khusus bagi penyandang disabilitas, tidak hanya di kantor perpustakaan saja, akan tetapi di setiap masjid dan taman taman juga akan disediakan perpustakaan,” ungkapnya, Rabu (15/3/2017).

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ir. Merwin Lusiani menyambut positif adanya perpustakaan khusus Jember. Merwin juga berharap akan ada perpustaakan yang lebih besar khusus masyarakat Jember yang berkebutuhan khusus.

“Alhamdulillah kantor perpustakaan Jember sudah bisa dilengkapi buku buku khusus kaum disabilitas, ada Al Quran Braiille, komputer untuk penyandang tuna netra juga ada. Fasilitas ini juga  mendapat penilaian terbaik dari Kemensos,” ungkapnya.

Kepala Balai Percetakan Braille Indonesia Hendra Sulaiman memberikan apresiasi atas realisasi nyata perpustakaan disabilitas ini. Menurutnya hal ini menjadi sinyal baik bagi Jember sebagai daerah yang ramah disabilitas.

“Braille Corner ini hanya beberapa daerah yang memiliki, untuk Jawa Timur baru Malang dan Jember. Khusus yang di Jember sangat luar biasa, begitu lengkap fasilitasnya dibanding beberapa daerah di Indonesia yang memiliki Braille Corner,” tegasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here