Jejak-Jejak Naga Cina Cengkeram Nusantara

0
833

Nusantara.news, Jakarta – Tingkat pertumbuhan Cina ditopang oleh kekuatan besar para pendekar-pendekar Cina Rantau (China Overseas). Mereka menjalin diri dalam suatu sistem yang rumit dan membentuk jaringan finansial yang membuat Cina Rantau tumbuh menjadi kekuatan raksasa. Mereka terlatih dalam berbagai zaman dan tipologi rezim politik di Asia dan di luar Asia.

Kaum imigran-pedagang ini telah menguasai semua ‘lantai dasar’ perekonomian dunia. Bahkan mereka sudah mampu mempengaruhi situasi politik di sektor-sektor strategis kenegaraan, baik di eksekutif maupun legislatif. Akibatnya, para pejabat pun gampang dikendalikan pengusaha.

Sebagai warga Indonesia, kita sudah seharusnya peduli akan keberlangsungan hidup negeri ini.  Sebab, jika bangsa dan negara ini berjaya maka yang akan merasakan nikmatnya adalah anak keturunan. Indonesia terkenal akan kekayaannya, baik hayati maupun non hayati. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi incaran banyak negara. Salah satunya adalah Cina. Berikut ini adalah jejak-jejak cengkraman Naga Cina di bumi Nusantara. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here