AHY Dicoret, Demokrat Siap Setor 3 Nama Cagub Jatim ke SBY

0
251

Nusantara.news, Surabaya – Partai Demokrat Jawa Timur  mencoret nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari bursa Calon Gubernur Jatim. Nama AHY tidak termasuk dalam tiga nama Cagub Jatim yang diajukan Partai Demokrat Jatim kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta Februari 2017, setelah Pilgub DKI Jakarta usai. .

Penegasan ini dikemukakan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo, di Surabaya, Selasa (31/1/2017). “Benar, Mas AHY nggak bakal maju di Pilgub Jatim 2018. Beliau saat ini masih berkonsentrasi menuju DKI 1,” kata Gubernur Jatim dua periode yang akrab disapa Pakde Karwo.

Siapa tiga kandidat yang bakal diusung oleh Partai Demokrat? Soekarwo sampai saat ini masih merahasiakan nama-namanya. “Tunggu saja akhir Februari. Jangan mancing-mancing terus,” ujarnya dalam nada bercanda.

Informasi yang beredar santer di kalangan media, tiga nama itu adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Mensos RI Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar (Pak Halim).

Pakde Karwo juga membantah ketika disebut nama Bude Karwo termasuk salah satu dari tiga nama yang akan diajukan ke Jakarta. “Kalau Bude Karwo ikut maju, lalu siapa nanti yang ngurusi saya (sebagai suami)?” katanya sambil tertawa terbahak-bahak.

Nama AHY sempat santer diberitakan akan bertarung di Pilgub Jatim apabila kalah di Pilgub DKI Jakarta. Informasi itu datang dari politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam.  Menurut Ridwan Hisjam Partai Demokrat kemungkinan besar menarik AHY ke Pilgub Jatim jika putra pertama Susilo Bambang Yudhoyono ini gagal di Pilgub DKI Jakarta.

Pilgub DKI dijadikan test sounding AHY untuk mengetahui respon masyarakat terkait keberadaan AHY.

Partai Demokrat memiliki 13 kursi di DPRD jatim. Untuk bisa memenuhi syarat mengusung calon gubernur, Demokrat hanya butuh 7 kursi lagi, dengan menggandeng 1 atau 2 partai. Namun, jika ingin berkoalisi hanya dengan satu partai, maka  peluang terbesarnya  adalah berkoalisi dengan PAN yang memiliki 7 kursi. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here