Aksi Massa di Banyuwangi, Tuntut Pembubaran FPI

1
169

Nusantara.news, Banyuwangi -Ratusan massa yang tergabung atas 35 ormas dan pesantren se- Banyuwangi melakukan demonstrasi menuntut pembubaran FPI. Aksi demonstrasi dilakukan dalam bentuk long march dari stadion Diponegoro menuju Pemkab Banyuwangi, DPRD dan Polres Banyuwangi pada hari Rabu (25/1/2017).

Menurut koordinator aksi tersebut, demonstrasi ini dilakukan untuk menuntut pembubaran FPI dan Banyuwangi agar menjadi daerah yang aman tanpa FPI. “Kami mendesak ormas yang intoleransi segera dibubarkan. Apalagi, ormas yang anti Pancasila,” Kata Korlap aksi Hermanto.

“Kami akan mengajukan petisi kepada kepada anggota dewan yang berisi persetujuan untuk membubarkan ormas yang dinilai anti Pancasila. Menghadapi kondisi ini masyakarat kita ajak bersatu menghindari provokasi maupun fitnah,” tambahnya.

Petisi yang ditujukan kepada DPRD Banyuwangi itu mendapatkan respon positif. Sejumlah fraksi DPRD menyatakan dukungan atas isi petisi yang dilayangkan para demonstran. Total lima fraksi yang menyatakan mendukung pembubaran FPI, yaitu: PDI-P, P. Gerindra, P. Nasdem, P. Golkar dan PKB.

“Masyoritas legislatif Banyuwangi sepakat menandatangani petisi ini,” kata Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi I Made Cahyana Negara saat menerima perwakilan aksi gedung dewan.

Aksi yang dilakukan oleh gabungan kelompok masyarakat ini menjadi wujud luapan kegelisahan atas aksi FPI di berbagai wilayah yang dinilai memecah belah NKRI. Masyarakat Banyuwangi sangat menghargai dan telah terbiasa hidup dalam pluralitas sosial. []

1 KOMENTAR

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here