Akuntabilitas Kota Batu Terendah di Jatim

0
79
Kantor Walikota Batu

Nusantara.news, Kota Batu – Akuntabilitas suatu instansi pemerintah harus dimaksimalkan, karena akuntabilitas berhubungan dengan kinerja pemerintahan, dan kinerja pemerintahan berhubungan dengan pembangunan masyarakat.

Akuntabilitas yang merupakan kesesuaian antara tindak perilaku dengan aturan dan norma yang berlaku dan dapat dipertanggung jawabkan memiliki makna penting dalam suatu lembaga di sektor publik, khususnya Pemerintah.

Tingkat akuntabilitas kinerja pemerintah Kota Batu masih menduduki urutan ke 38 dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, alias paling rendah.  Hal tersebut disampaikan oleh  Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Sekda Provinsi Jawa Timur, Dwi Suyanto dalam rapat pembinaan Sakip 2017.

“Kinerja Pemkot Batu dibandingkan Pemkot Malang sudah bagus, namun tidak akuntabel. Mungkin Pemkot Malang memiliki langkah atau metode tersendiri untuk meningkatkan akuntabilitas daerahnya,” ujar Dwi

Dwi menghimbau untuk membangun sebuah komitmen koordinasi dan keselarasan pembangunan kota yang kuat antar kepala daerah dan jajarannya untuk meningkatkan akuntabilitas dan kualitas kinerja Pemkot Batu.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa masih ada ketidaksinkronan antar visi misi Walikota dengan jajaran SKPD Pemkot Batu. “Koordinasi dan komunikasi harus diperbaiki, selain itu batasan dan aturan-aturan pun juga harus diperhatikan dengan jeli,” pungkasnya.

Apabila akuntabilitas pemerintah Kota Batu rendah maka tingkat kepercayaan masyarakat pula akan menurun, ini akan menambah persoalan baru.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here