Anggaran Turun, Pembangunan Infrastruktur Situbondo Berkurang

0
136

Nusantara.news, Situbondo – Jika dibandingkan tahun lalu, pembangunan infrastruktur jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Situbondo di tahun 2017 mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh menurunnya jumlah anggaran baik dari pemerintah pusat maupun dari keuangan daerah.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga, Arifin Pengurangan tersebut disebabkan karena ada pengurangan anggaran. Jika tahun 2016 Dinas PUPR menerima anggaran RP 130 Miliar, tahun ini hanya sekitar Rp 100 Miliar.

“Sumber dana pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, berasal dari APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten. Tahun ini ada pengurangan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dua  kali lipat dari APBN. Jika sebelumnya mendapatkan kucuran DAK Rp 60 miliar, tahun ini berkurang jadi 20 miliar,” ujar Arifin, Kamis (9/3/2017).

Pengurangan anggaran memberikan dampak langsung bagi wujud pembangunan jalan di Situbondo. Menurut Arifin untuk tahun lalu pembangunan jalan bisa mencapai 110 km, karena ada pengurangan anggaran maka rencana pembangunan jalan hanya sejauh 70 sampai 80 km.

Anggaran yang turun tersebut akan dimanfaatkan untuk perbaikan jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan di beberapa kecamatan.

`“Anggaran sekitar Rp 100 miliar itu akan dipergunakan membangun jalan dan jembatan di 17 Kecamatan. Selain membangun infrastruktur jalan pedesaan, anggaran tersebut akan dipergunakan juga di kawasan perkotaan, baik berupa pemiliharaan maupun pengaspalan baru,” tegas Arifin. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here