Anies Baswedan: Akhlak Kiai Hasyim Patut Dicontoh

0
137

Nusantara.news, Jakarta – Wafatnya mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Begitu pula yang dirasakan Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang mengaku kehilangan sosok Kiai Hasyim. Di mata Anies, Hasyim memiliki akhlak yang patut dicontoh. Dia ulama sekaligus pemimpin yang santun.

“Beliau adalah ulama nasional. Akhlaknya mulia, menjadi contoh, dan kita semua mendoakan agar wafatnya khusnul khatimah. Kami bersyukur murid-muridnya sempat belajar dari beliau. Insya Allah dari ilmu yang beliau tularkan pada kita semua, akan kembali menjadi aliran pahala tanpa henti,” kata Anies.

Anies mengaku banyak kenangan yang muncul dari pertemanannya dengan almarhum Hasyim. Dia kerap berinteraksi dengan Hasyim yang merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden saat masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia sempat berdiskusi tentang kondisi Indonesia dan berbagai dinamika sosial dan keagamaan. Menurutnya, pikiran pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam itu bernas.

“Saya berkali-kali bertemu beliau, saya perhatikan, kok cerdas sekali ya. Mungkin pengalaman komunikasi, menyampaikan ilmu dalam bahasa yang bisa untuk rakyat biasa, dan bisa pula untuk mereka yang sangat terdidik,” ungkap Anies.

Tidak hanya dalam komunikasi sehari-hari, tambah Anies, Kiai Hasyim dalam setiap ceramahnya juga selalu membuat hati para pendengarnya merasakan kedamaian. Hasyim kerap membungkus topik serius menjadi sederhana dan mengemasnya menjadi lebih mengena bagi siapapun pendengarnya.

Anies menambahkan bahwa dirinya sempat ingin bertemu dengan KH Hasyim di Malang namun belum tersampaikan. “Terakhir bertemu dengan beliau bulan September atau Oktober lalu. Saya sudah niat berangkat ke Malang, tapi beliau sudah berpulang duluan,” tutupnya saat melayat ke rumah duka di Kompleks Pompes Al Hikam Depok, Kamis (16/3). []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here