Anies-Sandi Resmi Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Terpilih

0
55

Nusantara.news, Jakarta – Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno akhirnya ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Tahun 2017-2022.

“Bismillah, dengan ini pasangan calon Gubernur Anies Baswedan dan Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Tahun 2017-2022 di Jakarta, Jumat (5/5).

Penetapan Anies – Sandi itu berdasarkan rekapitulasi perolehan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, di mana pasangan nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 42,04 persen suara, sementara pasangan nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno memperoleh 57,96 persen suara.

“Berdasarkan undang-undang pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” jelasnya.

Sebelum penetapan, kata Sumarno, pihaknya sudah melakukan pleno dan menyiapkan berita acara. Serta menyiapkan surat keputusan penetapan calon gubernur dan calon wakil gubernur terpilih.

“Selanjutnya, KPU DKI akan mengirimkan surat pengesahan gubernur terpilih kepada DPRD. Surat tersebut kemudian diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri dan Presiden. Sementara, Anies-Sandi akan dilantik bulan Oktober mendatang,” jelas Sumarno. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here