Asal Muasal dari Mesin Uap Menjadi Mobil

1
223
Kendaraan listrik pertama di dunia. Sayang, hanya diproduksi dua buah. Satu buah disimpan di Konservatorium Seni dan Kerajinan Nasional Perancis

Nusantara.news, Jakarta – Mesin uap adalah penemuan teknologi terbesar di Abad ke-19. Namun dasar-dasar teoritisnya sudah dirancang sejak awal Abad ke-17. Penemu awalnya adalah Jeronimo de Ayanz y Beaumont yang berkebangsaan Spanyol pada 1606. Di tahun itu dia mendapatkan hak paten untuk pompa air bertenaga uap dasar.

Selanjutnya Thomas Savery (1698) mematenkan pompa uap yang menggunakan uap dalam kontak langsung dengan air yang dipompa. Pompa uap Savery menggunakan uap kondensasi untuk membuat vakum dan menarik air ke dalam ruang, dan kemudian menggunakan uap bertekanan untuk memompa air yang lebih banyak lagi.

Peletak Dasar Revolusi Industri

Thomas Newcomen menciptakan mesin uap komersial pertama yang menggunakan piston dan digunakan tahun 1712 untuk memompa banjir yang menggenangi tambang. Tercatat 104 unit mesin uap Newcomen yang diberi nama “Atmosphere” sudah digunakan di tahun 1733. Akhirnya ada sekitar 2000 unit yang sudah dipasang di areal pertambangan.

Baru pada 1781 – Insinyur asal Skotlandia – James Watt mematenkan mesin uap yang menghasilkan gerakan putar secara berkelanjutan. Mesin 10 tenaga kuda Watt memungkinkan diciptakannya berbagai mesin pabrik, kapal uap, kereta api dan juga mobil yang baru diproduksi secara massal sekitar tahun 1920-an.

Mesin uap yang dikenalkan oleh James Watt

Pada umumnya mesin uap generasi pertama menggunakan air dan batu bara atau kayu bakar. Penemuan mesin uap stationer ciptaan Watt ini yang menandai dimulainya era Revolusi Industri.

Namun mesin uap Thomas Newcomen dan James Watt berukuran besar ketimbang jumlah tenaga yang mereka hasilkan. Selanjutnya muncul beberapa penemuan mesin uap dengan ukuran yang lebih kecil dengan tekanan yang lebih tinggi yang bisa diterapkan ke mesin kapal, lokomotif kereta api bahkan mobil yang datang lebih belakangan.

Mesin uap jenis piston reciprocating tetap menjadi sumber kekuatan yang dominan hingga abad ke-20 – ketika kemajuan dalam desain motor listrik dan mesin mesin pembakaran secara bertahap menghasilkan penggantian mesin uap reciprocating (piston) dalam penggunaan komersial, dan penemuan uap turbin untuk pembangkit tenaga listrik.

Karena sebagian besar pembangkit tenaga listrik di seluruh dunia diproduksi oleh mesin uap jenis turbin – “zaman uap” terus berlanjut dengan tingkat energi yang jauh melampaui pergantian Abad ke-19 danAbad ke-21.

Sebelum penemu Spanyol dan Skotlandia yang memberikan dasar pada Piston – jejak mesin uap yang lebih kuno dapat ditemukan di Mesir (jajahan Romawi) yang dikenal dengan sebutan mesin Heron. Mesin itu dikenalkan Alexander pada Abad ke-1 Masehi. Torsi dihasilkan oleh jet uap yang keluar dari turbin. Masih di Mesir – ketika dijajah Ottoman – ada juga seorang penemu Taqi al-Din Mohammed ibn Ma’ruf yang secara teoritis menggambarkan perangkat turbin uap dengan memutar ludah pada tahun 1551.

Penemuan Mobil Modern

Setelah kapal uap, kereta api, prinsip-prinsip dasar bekerjanya mesin uap terus dipelajari oleh para penemu untuk menciptakan jenis-jenis mesin yang dapat diterapkan untuk keperluan apa saja. Saat rel kereta api sudah membelah daratan Amerika Serikat (AS) dan beberapa tempat di Eropa, kereta kuda seperti bendi atau andong masih menjadi alat transportasi – orang maupun barang – di kawasan pedalaman yang belum terjangkau rel kereta api.

Kendaraan bertenaga uap pertama dirancang – dan sangat mungkin dibangun – oleh Ferdinand Verbiest yang juga seorang misionaris Serikat Yesuit di China sekitar tahun 1672. Ini adalah mainan model skala 65 cm yang dihadiahkan untuk Kaisar China. Karena ukurannya kecil kendaraan ciptaan Verbiest itu tidak mampu membawa sopir atau penumpang. Tidak jelas benar apakah model Verbiest berhasil dibangun atau dijalankan.

Mobil Ciptaan Cugnot

Nicolas-Joseph Cugnot dikenal secara luas orang pertama yang membangun mekanis – atau mobil berskala penuh – yang bisa berjalan sendiri (self-propelled) di tahun 1769. Dia menciptakan sepeda roda tiga bertenaga uap. Dia juga menciptakan dua traktor uap untuk Angkatan Darat Perancis – satu di antaranya menjadi koleksi Konservatorium Seni dan Kerajinan Nasional Perancis. Tapi penemuan ini masih dinilai cacat terkait persediaan air dan mempertahankan tekanan uap.

Pada Tahun 1801, Richard Trevithick membangun dan mendemonstrasikan lokomotif jalan “Puffing Devil” ciptaannya. Penemuan Trevithick ini diyakini oleh banyak kalangan sebagai demonstrasi pertama kendaraan bertenaga uap. Tapi sayangnya, kendaraan ciptaannya gagal mempertahankan tekanan uap yang cukup dalam waktu lama. Tidak mampu berjalan jauh.

Penemuan pembakaran mesin internal adalah bagian dari sejarah mobil – namun sering diperlakukan secara terpisah dari perkembangan mobil sejati. Berbagai kendaraan bertenaga uap digunakan pada fase awal Abad ke-19 – termasuk mobil uap, bus uap, panel dan rol uap. Sentimen terhadap kehadirannya membuat diberlakukannya Undang-Undang Lokomotif tahun 1865 – atau setelah perang saudara di Amerika Serikat selesai.

Mesinl ciptaan Niepce bersaudara

Tahun 1807 Nicéphore Niépce dan saudaranya Claude Niépce  menciptakan mesin pembakaran internal pertama di dunia – lazim disebut Pyréolophore – namun mereka memilih memasang mesin ciptaannya di sebuah kapal di sungai Saone, Perancis.

Di tahun yang sama – secara kebetulan – Swiss François Isaac de Rivaz – merancang mesin pembakaran internal de Rivaz miliknya sendiri dan digunakan untuk mengembangkan kendaraan pertama di dunia yang digerakkan sebuah mesin seperti sekarang.

Beda antara Pyréolophore Niépce dan de Rivaz adalah – Pyréolophore Niépce dipicu oleh campuran bubuk Lycopodium (spora kering tanaman Lycopodium), debu dan resin batubara yang dilumatkan halus dan dicampur dengan minyak. Sedangkan de Rivas menggunakan campuran hidrogen dan oksigen.

Hippomobil yang diciptakan Lenoir

Tidak ada desain yang berhasil yang juga diciptakan oleh Samuel Brown, Samuel Morey, dan Etienne Lenoir dengan kendaraan yang mereka namakan “Hippomobile”. Ketika itu mereka memproduksi kendaraan dari gerobak yang dimodifikasi dengan penggerak mesin.

Pada November 1881 penemu Perancis – Gustave Trouvé – mendemonstrasikan mobil bertenaga uap pertama (roda tiga) yang digerakkan oleh tenaga listrik pada Pameran Listrik Internasional, Paris.

Meskipun dalam kurun yang sama Insinyur Jerman juga sedang sibuk merancang mobil modern seperti yang sekarang kita kenal – sebut saja Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach dan Siegfried Marcus – namun Karl Benz yang akhirnya tercatat dalam sejarah sebagai penemu mobil modern.

Bagaimana kiprah Karl Benz membangun kerajaan bisnis otomotifnya dan bagaimana asal muasal Ford, General Motor, Citroen dan lainnya ikuti kelanjutan Serial Sejarah Mobil setiap Sabtu-Minggu hingga 1 April nanti. []

1 KOMENTAR

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here