Belum Ada Blanko E-KTP, Perbankan Tolak Pengajuan Kredit Masyarakat

1
391

Nusantara.news, Situbondo – Belum adanya blangko atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik mulai berdampak negatif bagi masyarakat. Pasalnya,  surat keterangan atau (SUKET) sebagai pengganti sementara E-KTP dipertanyakan keabsahannya oleh beberapa Bank di Situbondo saat mereka akan mengajukan kredit.

Warga mengaku tak bisa mengajukan segala kebutuhan ke bank, karena bank menolak mengakui Suket sebagai pengganti eKTP. Soal ini antara lain menimpa Asnawi, Warga Desa Tanjung Glugur, Kecamatan, Mangaran, Situbondo.

“Saya mendapatkan penolakan saat mengajukan kredit ke salah satu bank, karena menggunakan e-KTP sementara. Pihak bank meragukan keabsahan Suket sementara sebagai pengganti e-KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ungkapnya, Rabu (22/3/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Situbondo, Muhammad Sifa, menyanyangkan pihak bank yang menolak warga mengajukan kredit dengan alasan meragukan keabsahan Suket sebagai pengganti e-KTP tersebut.

“Surat keterangan pengganti e-KTP, merupakan petunjuk dan sudah menjadi kebijakan Pemerintah Pusat. Dengan surat keterangan tersebut, warga bisa memproses berbagai urusan, seperti imigrasi, kepolisian, asuransi dan BPJS, termasuk perbankan,” ujarnya.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, belum turunnya blanko E-KTP tidak hanya menimpa Situbondo, melainkan juga daerah-daerah lain di Tanah Air. Salah satu penyebab utama tidak turunnya blanko E- KTP adalah sikap pemerintah pusat sangat berhati-hati dalam proses pelelangan tender. Ini merupakan salah satu dampak buruk dari bergulirnya kasus mega korupsi E-KTP  yang kini tengah ditangani KPK. []

1 KOMENTAR

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here