Belum Punah, Empat Macan Tutul ini Terekam di Cikepuh Jabar

    0
    239
    Seekor macan tutul terekam kamera, tiga ekor lainnya yang besar jenis kelamin dan struktur tubuhnya berbeda juga terekam kamera

    Nusantara.news, Jakarta – Populasi macan tutul Jawa yang tahun 2008 diperkirakan tinggal 400-500 ekor dikawatirkan punah. Kekhawatiran itu sedikit terobati dengan terekamnya empat ekor macan tutul di Suaka Margasatwa, Cikepuh, Jawa Barat.

    Habitat macan tutul jawa (Panthera pardus melas) terus menyempit. Pendataan terakhir tahun 2008, populasi macan tutul yang tinggal 400-500 ekor itu diperkirakan menyebar di Taman Nasional Gunung Gunung Gede Pangrango, Gunung Halimun Salak, dan di Gunung Merapi, dan Merbabu, seta dan Gunung Bromo di Jawa Timur.

    Sedangkan di suaka Cikepuh, macan tutul dikhawatirkan sudah punah akibat perburuan liar dan perambahan hutan. Namun berdasarkan penelitian awal memperlihatkan ada tanda-tanda keberadaan mereka.

    “Sudah dinyatakan hampir punah di Cikepuh. Namun penelian KSDA Jawa Barat, mahasiswa, dan sejumlah lembaga lain melihat tanda-tanda keberadaan satwa itu,” kata juru bicara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jati Wicaksono kepada wartawan BBC Indonesia, Liston Siregar.

    “Kemudian dipasang kamera yang bisa membuktikan bahwa di wilayah tersebut ternyata masih ada. Jadi yang dulu dikatakan hampir punah, ternyata masih ada,” imbuh Wicaksono tak menyembunyikan kegembiraannya.

    Berdasarkan pantauan kamera, para ahli menyimpulkan terekamnya masing-masing macan tutul yang berbeda-beda. Maka disimpulkan paling sedikit masih ada 4 ekor macan tutul di hutan Cikepuh.

    “Artinya dari warnanya, dari besar kecilnya, sehingga berbeda dan disimpukan oleh tim bahwa ada empat ekor dan mudah-mudahan ditemukan lagi yang lainnya nanti.”

    “Kalau melihat dari gambarnya, sudah dewasa artinya sudah bisa melakukan perkawianan dan pengembang biakan ke depan.”

    Taman Suaka Margasatwa Cikepuh seluas 1.827 hektar itu membentantang antara Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Taman Suaka ini pernah direncanakan menjadi habitat kedua dan sekaligus tempat penangkaran badak bercula satu yang selama ini hanya ditemukan di Taman Nasional Ujungkulon, Banten. []

    Berikan Komentar anda!

    Please enter your comment!
    Please enter your name here