Berbagai Macam TPS Unik Warnai Pilkada Kota Batu 2017   

0
143

Nusantara.news, Kota Batu – Rabu, 15 Februari 2017, Pilkada Kota Batu 2017 diselenggarakan. Sekitar pukul 9.00 WIB setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah dipenuhi pemilih yang hendak menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos.

Empat pasang calon yang bersaing di Pilkada Kota Batu kali ini, yakni Rudi-Sujono dengan No. urut 1, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso No. 2, Hairuddin-Hendra Angga Sonata No. 3, dan Abdul Majid-Kasmuri Idris dengan No. urut 4.

Berbagai macam fenomena menarik muncul di Pilkada Kota Batu 2017, yakni aneka atribut di setiap TPS yang unik yang sontak menarik perhatian publik. Terbentang dari 420 TPS yang ada, masing-masing menampilkan tema yang unik dan berbeda beda.

Di TPS 3 Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu misalnya, petugas KPPS berpakaian ala tokoh wayang, lalu di TPS 14 mengambil tema pejuang kemerdekaan dengan tujuan menjunjung nasionalisme kebangsaan.

Sementara itu di TPS 15 tak kalah unik.  TPS ini mengangkat tema budaya Papua. Petugas TPS menghadirkan nuansa Papua dengan memakai pakaian adat Papua. Petugas TPS juga dilengkapi dengan tombak dan tameng. Tenda yang digunakan sebagai penutup TPS juga terbuat dari bambu dan alang-alang sehingga mengesankan rumah tradisional ala Papua.

“Kita ingin tampil beda dari yang lain dan tidak seperti yang biasanya, maka kita buat konsep Papua. Ini adalah inisiatif sendiri dari teman-teman,” kata petugas TPS 15, Ngudi Suprayitno.

Ketua KPU Kota Batu Rochani mengaku tidak menginstruksikan secara khusus kepada tiap TPS untuk membikin tema tertentu. Meski demikian, ia tidak bisa membatasi kreativitas para petugas TPS.

“Kami sebenarnya tidak memaksakan dan juga tidak membatasi kretifitas teman-teman yang bertugas di TPS, Namun yang terpenting adalah bagaimana kemudian bisa menarik masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu kali ini, dan dapat menekan angka golput.” kata Rochani kepada Nusantara.news, Rabu (15/2/2017).

Pihaknya menjelaskan, anggaran membangun untuk setiap TPS besarnya Rp 750.000, sisanya  bisa dipergunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lain yang diangap penting, bila perlu digunakan untuk menghias guna menarik partisipasi pemilih. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here