BPD Banyuwangi Tingkatkan Kualitas Personil Secara Mandiri

0
94

Nusantara.news, Banyuwangi – Dalam beberapa hari terakhir, mobilitas kerja Asosiasi BPD Banyuwangi patut diacungi jempol. Setelah memberikan masukan terhadap Raperda pilkades, kini Asosiasi BPD Banyuwangi memberikan pelatihan personilnya di seluruh wilayah kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Rudi Latif selaku ketua menjelaskan jika pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas SDM setiap anggota BPD. Latar belakang dihelatnya pelatihan ini, menurut Latif, adalah minimnya pengetahuan anggota BPD terkait tupoksi kerja mereka.

“Setidaknya, kita bisa memberikan wawasan pengetahuan, sesuai undang-undan desa yang telah di amanatkan, sehingga semuanya paham dengan aturan. Selain itu, di Banyuwangi masih sedikit BPD yang mengerti tentang tugas dan kewajibannya dengan persentase 20% yang mengerti dan 80% yang belum mengerti,” ujar Rudi Latief,” Kamis (23/2/2017).

Pelatihan ke sepuluh tersebut berlangsung di Kantor Desa Purwoharjo. Seluruh perangkat BPD mengikuti jalanya pelatihan. Materi yang dipaparkan kepada peserta mengacu pada Permendagri No 110/2016 tentang BPD. Pelatihan peningkatan SDM menjadi bukti upaya untuk menumbuhkan kemandirian BPD  menuju perbaikan kinerja tanpa andil dari pemerintah kabupaten.

“Kita tidak nunggu dicerdaskan pemerintah. Kalau nunggu pasti lama, saya dan teman-teman BPD lainnya berniat baik dengan belajar bersama di forum ini,” imbuh Latief.

Latif menambahkan, tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah meningkatnya kapasitas SDM BPD sebagai salah satu komunitas akar rumput berbasis perdesaan di Indonesia. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here