Bubble Mega Proyek Meikarta Berakhir Dengan Pelepasan Saham

122
307903
CEO Lippo Group yang menggagas mega proyek Meikarta harus melepas sahamnya di Meikarta, dari sebelumnya 54% sekarang tinggal 27% kepada investor asing.

Nusantara.news, Jakarta – Mega proyek Meikarta yang digagas oleh Lippo Group seperti berbalik arah, dari gegap gempita hingga akhirnya berujung pada bergugurannya saham-saham di bawah Lippo Group. Apakah ini pertanda akhir dari gagalnya mega proyek tersebut?

Pada awal Lippor Group memasarkan Meikarta prosesnya sangat gegap gempita. Betapa tidak, bayangkan, kota baru Meikarta akan dibangun megah di kawasan Cikarang dengan nilai investasi mencapai Rp278 triliun. Angka yang sangat besar, kalau tidak bisa dikatakan penggelembungan (bubble) proyek yang sangat massif.

Teori bubble economy coba diterapkan dalam proyek ini. Dikatakan bubble, karena memang kemampuan riil Lippo Group tidak sebesar itu. Artinya, untuk merealisasikan proyek itu, Lippo Group akan mengundang partner sebanyak-banyaknya. Bisa juga bubble adalah sebuah harapan kapitalisasi pasar Meikarta jika semua investor masuk mencapai Rp278 triliun.

Target Lippo, anggaran Rp278 triliun itu bisa menggaet partner dari Jepang, Korea, Taiwan dan banyak lagi, plus pendanaan dari setiap pembeli yang mempercayakan kepada Lippo.

CEO Lippo Group James Riady menyatakan pembangunan kota Meikarta ini melibatkan banyak mitra bisnis. Langkah ini sebagai strategi pendanaan Lippo dalam merealisasikan pembangunan yang direncanakan. Menurutnya, 35% porsi pendanaan berasal dari kas Lippo, sedangkan sisanya dari kerja sama dengan mitra bisnis baik dalam maupun luar negeri.

Ada 120 perusahaan yang bermitra dengan Lippo, 30-40 kontraktor, 20-30 partner dari luar negeri seperti Mitsubishi, Toyota. Mitsubishi berminat bangun 1.000 unit, tapi desainnya khusus lebih ke Jepang. Toyota juga, ingin desain khusus.

Untuk merealisasikan kota baru Meikarta, dibutuhkan lahan 2.200 hektare. Di dalamnya akan dibangun 250.000 unit apartemen, fasilitas umum, hunian komersial, rumah sakit, sekolah, mall, hingga fasilitas pendukung lainnya.

Maka itu, diperlukan marketing yang besar-besaran, konon Lippo sudah mengeluarkan biaya iklan, promosi dan advetorial sedikitnya Rp1,5 triliun.

Namun yang direkomendasikan Pemprov Jawa Barat untuk dapat dikeluarkan izinnya hanya 84,6 hektare saja. Itupun lahan yang memang sejak lama dikuasai PT Lippo Cikarang Tbk. Praktis tidak ada tambahan izin baru, karena menurut  Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, lahan seluas yang diharapkan Lippo memang tidak pernah ada.

Bubble mega proyek

Ternyata dalam perjalanannya kota baru Meikarta tidak seindah yang diharapkan, tidak semulus yang didambakan. Balon proyek yang digelembungkan itu tidak serta merta mengundang minat investor. Sehingga angka Rp278 triliun hanyalah tinggal angka yang sulit untuk direalisasikan, ketika investor tak kunjung masuk, maka meletus lah bubble mega proyek tersebut.

Pemicu utama pecahnya bubble mega proyek itu lantaran izin yang keluar tak sesuai harapan, sehingga mendismotivasi para investor untuk masuk. Jadi berapa potensi riil Meikarta sebenarnya?

Sampai dengan akhir kuartal III-2017, proyek yang baru diluncurkan pada Mei 2017 lalu telah mengantongi pendapatan pra-penjualan (marketing sales) senilai Rp4,9 triliun.

Namun, pada akhir Januari 2018 lalu perusahaan mengungkapkan PT Mahkota Sentosa Utama, anak PT Lippo Cikarang Tbk, telah menerima pembayaran senilai Rp2,5 triliun dari investor eksternal sebagai uang muka untuk pembelian saham.

Total uang yang akan dibayarkan oleh investor eksternal tersebut mencapai Rp4 triliun. Setelah penjualan saham selesai dilakukan, kepemilikan Lippo dalam proyek Meikarta akan turun menjadi sekitar 27%, dari yang sebelumnya 54%.

Aksi korporasi tersebut lantas memicu Fitch Ratings untuk menurunkan peringkat jangka Panjang perusahaan. Fitch menurunkan peringkat jangka panjang perusahaan menjadi B+, dari yang sebelumnya BB-.

Seperti sudah disebutkan di atas, kebutuhan pembiayaan untuk Meikarta mencapai Rp278 triliun, Masalahnya, PT Lippo Karawaci Tbk–pemilik 54% saham PT Lippo Cikarang—dan PT Lippo Cikarang sebagai pemilik proyek tidak memiliki dana sebanyak itu. Per akhir kuartal III 2017, total aset Lippo Karawaci adalah sebesar Rp52,4 triliun, sementara untuk Lippo Cikarang hanya sebesar Rp9,5 triliun.

Sehingga total aset Lippo Karawaci dan Lippo Cikarang sebesar Rp61,9 triliun. Sementara CEO Lippo Group James Riady mengatakan sepertiga dari total proyek Meikarta sebesar Rp278 triliun adalah Rp97,3 triliun berasal dari kas perusahaan. Jadi masih selisih kurang sebesar Rp35,4 triliun, antara kas perusahaan yang dibutuhkan sebesar Rp97,3 triliun dengan dengan total aset yang dimiliki dua anak perusahan Lippo sebesar Rp61,9 triliun.

Jika ingin menarik utang pun, tidak mungkin nilainya mencapai ratusan triliun melebihi nilai aset. Jadi angka proyek Rp278 triliun benar-benar angka bubble yang hanya bisa dicapai jika tahapannya benar. Namun karena tahapannya keliru, belum ada rekomendasi, belum ada IMB, dan Amdal, sehingga akhirnya yang terjadi berbalik arah.

Saham berguguran

Harga saham Lippo Group pun berguguran. Sepanjang 2017, saham emiten ritel Lippo Group, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) merosot 63,35%. Saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) terpangkas 26,94%.

Tak cuma ritel, saham properti Grup Lippo pun menyusut. Saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) terkoreksi 34,42% dan saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) merosot 31,68%.

Analis Mirae Asset Sekuritas Taye Shim menilai, penurunan ini sebagian besar disebabkan faktor sektoral yang juga terkoreksi tajam. Perlambatan konsumsi dan aliran uang ke perbankan secara kolektif menjadikan sektor properti dan ritel berada di fase underperform.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji tak menampik ada beberapa hal yang menekan prospek Lippo Grpup. Misalnya, penurunan peringkat utang Lippo Karawaci.

Pada Rabu (14/2) lalu, Fitch Ratings menurunkan peringkat surat utang Lippo Karawaci menjadi B+ dari sebelumnya BB-. Ini mencerminkan penurunan arus kas yang signifikan dari penjualan properti, seiring keputusan Lippo Group mendivestasikan porsi saham di proyek Meikarta melalui Lippo Cikarang.

Fitch menyebut, pada 31 Januari lalu, PT Mahkota Sentosa Utama, anak usaha Lippo Cikarang yang membawahi Meikarta, telah menerima uang muka penjualan saham senilai Rp2,5 triliun dari investor eksternal. Ini merupakan bagian dari total penjualan proyek Rp4 triliun.

Jika penjualan sudah selesai, porsi saham Lippo di proyek ini akan turun jadi 27% dari 54%, demikian Hasira De Silva dan Robin Sutanto, analis Fitch Ratings dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Mungkin akan lain ceritanya jika sejak awal Lippo Group menempuh modus administrasi yang lazim. Mengurus IMB, Amdal, rekomendasi sesuai dengan kapasitasnya. Tapi itulah hidup, kadang seseorang tergiur oleh sesuatu yang tidak dimiliki, akhirnya hal kecil itu yang membuat sesorang bisa terpuruk.

Apakah ini pertanda berakhirnya mega proyek Meikarta? Atau mega proyek Meikarta berjalan apa adanya? Atau justru sengaja mundur selangkah karena maraknya tahun politik 2018 dan 2019,  untuk kemudian maju lagi seribu langkah begitu ada formasi politik baru? Yang jelas semua sedang cooling down.[]

122 KOMENTAR

  1. Mereka yang pesimis yg menilai meikarta tidak dapat berkembang…. fakta di lapangan, penjualan meikarta merupakan penjualan properti tercepat dan terbesar hanya dalam hitungana kurang dari 1 tahun

  2. proyek negara aja diperkuat sama investor asing, apalagi proyek swasta…hal biasa itu dlm suatu proyek, ga perlu di beritakan yang aneh2…udh ada yg awasi kok stiap perkembangan nya

  3. berakhir??ga liat langsung tapi sok berkomentar…haha, tuh liat lgsg ke sono, masih pada jalan tuh proyek meikarta…sales nya juga masih pada jualan di blu plaza dan tempat2 lain, masih lanjut tuh proyek

      • Ahahaha suami saya ada beli disana cash keras. Dgr isu kek gini uda bosen nnt jg klo jadi di bangun yg nyinyir pada mingkem hehehe… yasudahlah mas nya dev tau kok harus berstrategi apa dan kompetitor jg tau harus menjatuhkan seperti apa hehehe.. di youtube ada kok updatean projek meikarta terbaru 3bln setelah berita ini disimak yoo mass monggooo. anw klo mas garda punya unit disana bs kok komplain lgsg ke tim nya kebetulan aku punya keresahan yg sama tadinya tapi skrg sudah clear hehehe….

  4. Yg saat ini sedang dibangun itu cuma gedung2 buat grup lippo doang. Bukan unit2 apt nya yg dijual2in.

    Sales2 meikarta uda ga digaji,jmlh nya uda menyusut sangat tajam,yg skrg masih pameran2 itu dari agen lepasan,bukan jualin produk meikarta doang.

    Katanya lgi urus imb dari dulu tapi ga ada bukti sedang mengurus imb? Sama aja hoax. Ati2 kalau mau beli

    • sales itu dapat digaji?? kalau dijagi bisa bangkrut itu pengembang, karena sales itu seringkali memasarkan berbagai produk pengembang, bisa sampai lima developer yang dia jual, misal kalau dapat gaji 3 juta dari setiap developer saja sudah mendapatkan gaji 15 juta perbulan, hahahha enak sekali, yang saya tau sales itu hanya mendapatkan komisi dari apa yang dia jual ‘laku’, jadi kalau dibilang sales meikarta sudah gak dijadi ya memang dari awal gak digajii,, wong semua sales hanya mendapat komisi penjualan.

      • Sales itu ada sales agent dan sales inhouse pak. Kalo inhpuse ketahuanbjualan proyek dr pengembang lain ya langsung pecat. Ketahuan jualan barang second aja dipecat kok.

        Kalo sales dr agent2 properti tentubsaja ga digaji. Kadang2 yg digaji itu sales outsourcing. Itu jg harus jualan 1 proyek aja. Ga bole double2 proyek.

        • Betul sekali itu yang comment nhhak pake otak , mana ada sales/marketing inhouse nggak di gaji, | Koplak itu orang | Sales inhouse ketahuan jualan second ary atau jual property lain langsung di kickout sama perusahaan , ngomong asal Bunyi ,

  5. bisnis yang baik dan berkembang itu tidak pernah didanai hanya oleh modal sendiri perlu kerja sama dari berbagai investor, jadi kalau saat ini meikarta mulai dibahas dengan issu “bubble mega proyek” , bisa jadi karena dari awal pun sudah terbiasa dengan berbagai issu yang menyudutkan dengan berbagai sudut namunn seperti yang sudah kita lihat, tidak satupun issu itu yg dapat menyurutkan minat masyarakat untuk membeli meikarta, meikarta maju terus.

  6. pelepasan saham itu bukan berarti buruk, pelepasan saham itu artinya bisnis itu dilirik oleh investor, naik turunya suatu saham usaha dipengaruhi berbagai faktor, faktor global juga dapat mempengaruhi turunya harga saham.

  7. Pada Rabu (14/2) lalu, Fitch Ratings menurunkan peringkat surat utang Lippo Karawaci menjadi B+ dari sebelumnya BB-. Ini mencerminkan penurunan arus kas yang signifikan dari penjualan properti, seiring keputusan Lippo Group mendivestasikan porsi saham di proyek Meikarta melalui Lippo Cikarang.

    Ratingnya hutang dari BB- ke B+ kok dibilang peringkat turun, malah sebaliknya kapasitas nilai hutangnya meningkat donk, kok diterjemahin buruk sih, anda membuat berita krn pesanan pesaing developer meikarta mungkin ya.

  8. Pada sok pintar
    Urus dapur sendiri jangan urus dapur orang lain
    Yg bilang lippo jelek lah ini lah itu lah dll

    Ngaca jidad lo pada

    Kalau mau jadi pesaing, jadilah pesaing yang sehat….
    Jangan tidak sehat dengan cara menjatuhkan

  9. Salah strategi awal.. marketing hanya dianggap alat tapi bukan aset..opini BS dibantu oleh marketing.. belum diselesaikan kontraknya..tp sudah diberhentikan ..kalau selesai karena gak capai target..kan BS diangkat jadi agent..hubungan nya jadi baik..hal kecil tapi diabaikan.. meikarta memasarkan hunian kota bukan hunian semata..

  10. Memang meikarta banyak manuvernya… Gaji karyawan aja hanya separo yg terbayarkan… Dan komisi dan or juga pada blm keluar…bahkan ironisnya karyawan diwajibkan ambil unit oleh cmo.. Kalau tdk ambil akan di keluarkan… Skrng semua di bikin agent tdk dibikin ada penggajian lagi.

  11. JAKARTA – [kepoberita.com] – Pengerjaan konstruksi tahap 1 fase 1 Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dimulai paling lambat Juni 2018. Prasarana yang nantinya berstatus pelabuhan utama ini ditargetkan mulai beroperasi pada Maret 2019. Ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam penjelasanya di Jakarta, Jumat (4/5).

    Selanjutnya dikatakan “Pelabuhan Patimban bisa mendorong pertumbuhan kawasan industri di Jawa Barat, khususnya kawasan industri di Bekasi serta kawasan industri di sisi timur dan utara Jawa Barat. Letak pelabuhan dekat dengan kawasan industri dan akan semakin mudah dijangkau, karena ditunjang dengan akses jalan tol dan jalur kereta api (KA).Kami akan membangun Pelabuhan Patimban tahun ini dan ditargetkan bisa beroperasi tahun depan,”

    Menhub optimistis, Pelabuhan Patimban mampu meningkatkan ekspor industri otomotif RI, karena pelabuhan ini akan dilengkapi terminal khusus bongkar muat kendaraan. Pelabuhan Patimban juga sangat penting untuk mengembangkan industri lain yang mendukung peningkatan ekspor nasional.

    Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung diperkirakan selesai paling lambat 2021, menyusul pencairan kredit tahap pertama US$ 170 juta (Rp 2.28 Triliun) oleh China Development Bank.

    Sedangkan LRT Jabodebek akan selesai pertengahan 2019 dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek ll Elevated yang mulai dibangun pada 2017 ditargetkan rampung 2019 Lima proyek infrastruktur strategis yang dipastikan bakal beroperasi pada kurun 2018-2021 itu total nilainya sekitar Rp 189 Triliun. Rinciannya, proyek Pelabuhan Patimban senilai Rp 43.2 Triliun, Bandara Kertajati Rp 16 Triliun, LRT Jabodebek Rp 29.9 Triliun, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp 84 Triliun, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Rp 16.23 Triliun.

    Pembangunan lima infrastruktur transportasi strategis ini menambah daya tarik Meikarta, kota baru di Kawasan Industri Cikarang yang dibangun dengan nilai investasi Rp 278 Triliun. Pembangunan apartemen tahap pertama diperkirakan selesai Februari-Maret 2019.

    Dari 500 ha tahap pertama yang dibangun, Meikar ta menyediakan Central Park seluas 100 ha untuk mewujudkan kota yang sehat dan manusiawi bagi penghuni. Di Central Park sudah dibangun danau seluas 25 ha dan sisanya akan ada kawasan hutan, kebun binatang, jogging track, dan area rekreasi.

    Meikarta akan memiliki kawasan komersial seluas 150 ha dan 200 gedung jangkung. Sebagai kota terpadu, Meikarta akan memiliki sejumlah sekolah, rumah sakit, dan stadium sepak bola bertaraf internasional. Kehadiran Meikarta sudah menjadi kebutuhan karena di Kawasan Cikarang terdapat sekitar 5.000 perusahaan nasional dan internasional yang tersebar di Lippo Cikarang, Kawasan Industri Jababeka, Delta Mas, dan MM2100.

  12. maaf pak deny , awalnya mulai bulan mei,juni, juli, agustus, september, oktober, november, desember 2017 sampai februari 2018 semua sales digaji 5 juta, spv 13 juta, sales manager 66 juta, deputy general manager 135 juta …mulai 30 april kmrn pembangunan distop bisa dicek kelapangan langsung ke sana dekat central park, skrg memang sdh tak digaji lagi hanya komisi aja …itu benar sales aja capai 18.000 orang lohhh ….memang booming awalnya , ada yg sudah serah terima bulan november 2018 ini , sampai des 2018 dst ..pembangunan sdh tak ada lagi kmrn terakhir baru naik lantai 3 ada 8 tower 4 dikiri dan 4 dikanan tapi itu sudah tak ada pekerja sama sekali …kelanjutan meikarta tak tahu ? IMB nya memang belum ada tertulis yg biasa dicantumkan di flyer tak ada nomer regristasi IMB nya …

  13. Faktanya saham2 lippo pada rontok semua.
    Sales Meikarta diwajibkan untuk mengambil unit apartment.
    Untung ga jadi ambil meikarta. Malah ambil unit Aeropolis dengan pasar yang sudah jelas. Harga unit kurang lebih sama, tetapi sudah menghasilkan.

    • Sayang sekali proyek yg bisa menjadikan barometer dan kebangggaan Indonesia hangus karena birokrasi dan janji manis politikus sehingga pengusaha mengambil langkah yg salah soal perijinan.Seharusnya proyek seperti ini berkembang menjadi proyek nasional.

  14. konsumen disarankan jangan bayar cash keras apabila belum jelas IMB nya supaya jangan terlalu banyak dirugikan…

  15. Kami kalau mau beli harus pilih yang bagaimana. Kalau akhirnya banyak yang seperti ini. Kepastian hukumnya bagaimana

  16. Orang pada picek semua.. lo liat sono sendiri di meikarta proyek kagak ad yang jalan.. mangkrak..

    Yang dukung meikarta sales meikarta kali yah, lo jilat ajja sekalian pantatnya bos2 lippo sono..

  17. Cuman ketawa saja saya melihat project ini. Tidak ada kepastian.Histori project2 sebelumnya saja kebanyakan yg mangkrak dan ga jelas. Gali lobang dan tutup lobang.hadehhh…

  18. Sy korban janji sales meikarta…
    Awal sy di tawari sales meikarta di mall lipo sidoarjo,dg berbagai kemudahan persyartan kpa,sy tertarik krn konsumen tdk hrs ribet urus ke bank utk urus kredit kpa,tinggal siapkan dokumen sj…
    Sejak awal kesepakatan sy sdh curiga,sy byr dp 13% tp tdk dpt selembarpun dokumen klo sy ambil unit di meikarta,sales bilang akan ada setelah ttd perjanjian dibuat…
    5 bln berlalu sy di tlpn dari bank nobu cikarang,klo kpa sy smntara di cancel krn byk kurang persyartannya…
    Lo bagaimana sy tau persyaratannya,awal janji akan bantu kita,sdgkan selama ini sy blm prnh ada sales yg bantu kasih info ke sy,sprti janji awal akan bantu sy….

  19. Duit 2juta ane ajah ga balik2 ampe skarang…huhuhu…hilang duit ane kayanya…yg komen2 diatas blg klo meikarta masih berjalan.masih aktif dll nya tolong donk klo bisa balikkin duit ane..walau jumlah kecil tapi tetep ajah itu duit nyari dari keringat sendiri bukan duit tilepan ato ngerampok cuuy…

  20. Biasa lah dalam bisnis ada untung rugi. Kasihan investor yang duit nya macet di sana. Tapi perlu nalar juga sih kalau mau investasi. Haruskah beli unit apartemen di tempat yang tanah masih luas dan murah seperti di Karawang?. Kalau begini jadi mikir, bagusnya investasi nanam padi dan sayuran saja, yang sudah pasti diperlukan manusia. Nambah modal ke orang tua/saudara yang dapat dipercaya.

  21. Akan terputuskah reputasi penipuan dari Boss Grup Lippo ???
    6 hari menipu client dan hari ke-7 menipu Tuhan???

  22. Kl gw mah ogah beli apartemen
    Apalagi yg ada ditingkat atas..
    Kl ambruk mau nuntut ke sape..
    Trus kl ditanya..emang apartemen lu di mana
    (Nunjuk ke awang awang deh)
    Ogahhh…
    Mending buat beli tanah di kampung..
    Makin lama makin mahal

  23. Sirikk loo,, pembangunan berlanjut lg tuh, ceremony insfratuktur di mulai lg tgl 26 mei 2018,, takut kesaing ya,, ?

  24. mohon komentarnya yang santun..mai karta..sebagai usaha bisnis moga bisa sukses…jika ada kendala dan sengketa…silakan saja ..di urus lewat jalur hukum yang tersedia..yang gak suka jangan kelewatan…yang setuju..lanjutkan dengan penuh tanggung jawab…saya tinggal di cikarang…banyak temen juga di project itu dan pada masih kerja..moga pada lancar..mau bagaimana..kita sama sodara senegara…saya hanya berharap yang baik unt bapak..mas…mbak semua
    ………..yang proporsional…jangan pakai bahasa aseng dan lainnya..nilai rasanya gak sopan…ni kan satu negara…sodara…semua..maaf jika ada yang kurang pas…ayo berkomentar yang baik..dengan bahasa yang baik…..kalau ada kesulitan unt begitu..
    diam saja…dan click cari..berita yang manfaat..ini yang kita tulis…baik dan buruk bsk akhirnya akan kita pertangung jawabkan….ayo mulai dari sekarang….belajar unt lebih baik..terima kasih

  25. Yang bela Meikarta masih bagus gatau kondisi dalamnya.
    1. Awalnya Meikarta memberikan gaji sangat fantastis kepada semua agent, baik kelas Deputy, Manager, SPV, dan Sales.
    Tapi sekarang bahkan gaji pun ada yang tidak dibayarkan.

    2. Harga Saham yang menurun tajam

    3. Bahkan uang booking fee 2jt Rupiah dari klien yang batal pun sampai sekarang ada yang belom dikembalikan

    Jikalau memang ada pembangunan, mungkin meikarta hanya ingin menimbulkan pro – kontra saja, membuat pembangunan dari dana yang ada agar pamornya tidak turun. Tapi seadainya saving money menipis atau bahkan habis, kita liat saja apa yg akan terjadi

  26. Hoiii masih pada ributitin meikarta??? meikarta terus berlanjut tuh pembangunannya. silahkan ke meikarta saja. 28 tower pertama sedang dikebut topping off 42 lantai akhir Nopember 2018. dan serah terimapun akan dilakukan akhir Februari 2019. Saat ini sudah 4 gedung 42 lantai topping off. bhkan di di 2017 saja sudah ada 2 tower toppingoff karena begitu cepatnya pembangunan Ini sesuatu prestasi tidak pernah terjadi dimanapun di dunia, termasuk di RRC. https://finance.detik.com/properti/d-3704439/dihadiri-luhut-lippo-lakukan-topping-off-2-tower-meikarta

  27. ulasan nusantara news ini terlalu mengada-ada, cocoknya hoax dan mungkin ini adalah media yang sengaja dibayar utk meruntuhkan kredible para pesaing, buktinya Kontraktor meikarta jalan terus itu. Bohong kabar kontraktor Meikarta menarik diri.

  28. Innalilahi …kalo berita ini bener, pantes gw narik NUP lama bangets..cust serahkan NUP 2jt lnsg TT ke rek meikarta, tgl 7/8/2017 masuk, isi form pengembalian NUP tgl 11/4/2018…aneh dan bikin curiga di note “refund akan diproses dlm jangka waktu 2 minggu, lalu dicoret jd 4 Minggu hr kerja, namun sampai skrng 03/05/2018…belum cair refund NUPnya…saat itu sales officer dan petugas closing officer pun tdk mau menandatangani form, dng alasan memang seperti itu selama ini, padahal dokumen lengkap, dan tlah diterima mrk…ini namanya penipuan, YLKI hrs trn tangan…no priority pass: LKT2XX

  29. Berita lama..masih doyan ya sama nasi basi. Uda ada banyak yg baru boss… ilyg di atas itu udah jelas bohong semua..dlm bisnis mah biasa ada naik ada turun..kalo gga begitu kita da mengalahkan Tuhan dong.

  30. Ini sudah seperti menjadi proyek nasional sayang sekali kalau mangkrak lihat mega proyek dimalaysia forest green. Lihat potensi daerahnya yg memang layak untuk dikembangkan. Saya bukan sales hanya meikirkan kemajuan dan berpikir postif dan memang seharusnya pemerintah ikut turun tangan karena ini membantu PUPR juga dalam menyediakan perumahan utk rakyat. Hanya digadang oleh swasta. Semoga permasalahan yg ada bisa teratasi. https://m.detik.com/finance/properti/d-3704439/dihadiri-luhut-lippo-lakukan-topping-off-2-tower-meikarta

  31. Haduhh.. Berita Lama digoreng lagi..

    Klo baca list beritanya kok kesannya Anti Pemerintah y nie Portal..

  32. Direksi lippo di sidang karna unit sudah lunas tapi tdk di bangun, berita dari manado ada videonya viral. Kalau gw mah cari yg aman2 aja gan hindari masuk gelombang isu besar, apalagi imb belum jelas. Toh masih banyak developer yg berkelas dan gak high risk

  33. Faktanya di sisi lain dengan adanya mega projek Meikarta secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan tingkat perkonomian di wilayah cikarang dan bekasi.
    Menurut saya konsep dan planing mega Project Meikarta itu sangat bagus akan tetapi sangat di sayangkan ternyata Meikarta bisa kacau dikarenakan petinggi2 dari devisi marketing nya lah yg menggerogoti nya. Mulai dari hukum rimba, penjualan bodong, politik antar petinggi, sampai penyelewengan dana2 promo yg jumlahnya mencapai triliunan.
    Semoga masalah mega projek Meikarta bisa cepat terklarifikasi dan berjalan sesuai ekspektasi.

  34. Yg lain komen saling menyerang,
    Saya komen iklan aja deh, siapa tau ada yg butuh.

    ECO RACING, produk utk:
    – menghemat bahan bakar kendaraan( mobil, motor, dll ) sampai 50 persen.
    – menaikkan oktan bensin 5-10 digit. Isi premium dcampuri produk ini bisa jadi pertalite, pertamax, bahkan pertamax turbo.
    – menjaga dan melindungi mesin dgn teknologi nano.
    – membuat mesin lebih bertenaga dan enteng tarikannya.
    – menghilangkan knocking atau nglitik pada mesin.
    – menghilangkan kerak pada ruang bakar dan mesin.
    – menghilangkan emisi gas CO sampai 100 persen, jd bisa mengurangi polusi udara.
    – aman dan sdh teruji pada segala mesin kendaraan selama puluhan tahun.
    – ada peluang bisnis dgn hasil yg memuaskan dari produk ini.
    HARGA PRODUK SANGAT TERJANGKAU, CUMA 5 RIBU RUPIAH PER BUTIR.
    Website: http://www.sinergy-world.com
    Testimoni produk byk di media online, atau masuk ke Instagram saya: ecoracing_surabaya
    Dicari agen dan distributor utk seluruh Indonesia !!!
    Keterangan lebih lanjut call/sms 089622520556.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here