Bupati Jember Bantah Publikasi Penggunaan Dana Harus Izin

0
123

 

Nusantara.news, Jember – Bupati Jember Faida membantah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar meminta iin terlebih dahulu sebelum merilis data terkait penggunaan APBD.

“Yang benar adalah bahwa seluruh penggunaan dana APBD harus dipublikasikan kepada masyarakat, termasuk data penerima proyek penunjukan langsung DPU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Pemkab Jember,” kata Faida di jember, Selasa (23/5/2017).

Faida menegaskan, terkait proyek tidak perlu ada yang ditutup-tutupi, begitu juga besaran penggunaan anggaran. Karena uang itu sudah menjadi hak rakyat.

Faida menengaskan, publikasi anggaran itu tidak hanya diinstruksikan kepada Kepala OPD, tetapi juga kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Jember.

“Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk keterbukaan kepada masyarakat atas pembangunan yang dilakukan Pemkab Jember,” ungkapnya.

Terkait persoalan pengumuman proyek penunjukkan langsung di DPU BMSDA, lanjut Faida Kepala DPU BMSDA, Rasyid Zakaria tidak pernah berkomunikasi dengannya karena untuk merilis data tersebut tidak perlu persetujuan bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Jember Thoif Zamroni menyayangkan sikap kepala DPU BMSDA, Rasyid Zakaria yang belum menyerahkan data rekanan penerima proyek penunjukkan langsung kepada legislatif.

Menurut Thoif, Rasyid beralasan belum mendapat petunjuk dari bupati agar menyerahkan data tersebut kepada DPRD. “Padahal, data tersebut bukanlah data rahasia negara, sehingga  semestinya bisa dipublikasi ke masyarakat. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here