Cak Nun: Hasyim Muzadi Kiai Komplit

0
1894

Nusantara.news, Jombang – Budayawan Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun mengenang sosok Almarhum KH Hasyim Muzadi sebagai salah seorang ulama besar yang lengkap pernah lahir di Indonesia. Cak Nun menyebut mantan Ketua Umum PBNU itu sebagai “kiai komplit”.

“Kiai dan Ulama itu manusia setengah bumi setengah langit. Saya tidak punya maqam dan kapasitas untuk menilai beliau-beliau itu dari sisi apapun, baik   keluasan ilmu, tingkat spiritualitas ataupun kematangan sosialnya. Saya hanya rakyat jelata dan seorang manusia awam yang sedang berjuang menjadi Muslim sebagaimana yang dimaksudkan oleh Allah SWT, yang menciptakan dan menganugerahkannya,” awal Cak Nun dalam pesan singkat kepada Nusantara.news, Kamis (16/3/2017).

Cak Nun melihat sosok Kiai Hasyim Muzadi sebagi tokoh yang punya wawasan dan khazanah keislaman yang luas.

“Pak Hasyim Muzadi adalah tokoh dengan kelengkapan ilmu dan wawasan. Tidak semua kiai atau ulama yang memiliki kapasitas seperti beliau. Beliau sangat menguasai beragam keilmuan, baik khazanah ilmu Islam klasik, wacana-wacana tentang Islam dari era modern, maupun ilmu-ilmu modern itu sendiri,” kenang Cak Nun.

Cak Nun menganggap KH Hasyim mempunyai integralitas yang seimbang di antara semua perbedaan yang dipertentangkan antara Islam dengan modernisme, yang sampai hari ini belum ditemukan  proporsi, presisi dan keseimbangannya oleh kaum cendekiawan di Indonesia.

“Yang saya maksud dengan modernisme pada Kiai Hasyim bukan hanya soal wawasan, tapi juga mapping terhadap segala komplikasi nilai dan perpolitikan yang sedang berlangsung di tingkat global saat ini. Tidak banyak ulama yang memahami peta medan perang abad 20-21. Adapun soal politik dan pemihakan atas kelompok ini dan itu, saya ber-khusnuz zhan saja bahwa Kiai Hasyim berangkat dari pertimbangan-pertimbangan yang mendasar dan universal,” pungkasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here