Cara Istri Pejabat Mengenang Perjuangan Kartini

0
127
Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Ketua BKOW Jatim Ibu Fatma Saifullah Yusuf bersama artis pemeran film "Kartini" ketika nonton bareng di Ciputra World Surabaya.

Nusantara.news, Surabaya – Untuk mengenang perjuangan dan jasa Raden Ajeng Kartini, ratusan wanita yang tergabung di Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur berkumpul dan nonton bareng pemutaran film Kartini di Studio XXI Ciputra World Surabaya, Selasa (18/4).

Sebelum menikmati pemutaran film pejuang perempuan tersebut, bersama Ketua BKOW Fatma Saifullah Yusuf, kerumunan perempuan berkebaya yang juga ada isteri para pejabat di Jawa Timur mengikuti paparan bersama artis pemeran utama Dian Sastrowardoyo serta pemain lainnya, seperti Ayusitha Nugraha, Denny Sumargo serta Robert Ronny, produser film yang berdurasi 122 menit tersebut.

“Senang dan bangga film ini mampu menginspirasi wanita di Indonesia, saya mengucapkan terimakasih atas dukungan ibu-ibu yang telah hadir di sini,” ujar pemeran utama film Kartini, Dian Sastrowardoyo.

Ada pesan menarik yang disampaikan Dian kepada ibu-ibu, mereka diminta untuk tidak merekam meski hanya beberapa detik penggalan alur film yang akan ditonton. “Karena, itu selain tidak mendukung film nasional, bahkan juga dilarang secara hukum,” ucap artis kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 tersebut.

Artis Ayusitha Nugraha ikut menambahkan bahwa film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo telah mendapat tempat di hati masyarakat dan banyak yang jatuh cinta terhadap sosok Pahlawan Perempuan, Kartini.

“Setiap promosi film, Surabaya selalu luar biasa. Terima kasih kepada semua masyarakat dan film ini semoga semakin menginspirasi untuk memajukan perempuan di Indonesia,” kata artis yang juga penyanyi tersebut.

Ketua BKOW Jawa Timur Fatma Saifullah Yusuf berharap film Kartini bisa memberikan pesan, khususnya kepada wanita-wanita Indonesia, untuk bisa meneladani kiprah dan perjuangan luhur Kartini.

“Semoga film Kartini yang merupakan film perjuangan kaum perempuan ini dapat menginspirasi generasi penerus, dan juga mengajak masyarakat lebih mencintai film-film Indonesia,” tambahnya.

Sementara, sekitar 1.762 kaum perempuan yang hadir di gedung bioskop, untuk bisa nyaman menonton kisah Kartini dibagi dalam 11 studio bioskop. Mereka yang umumnya berkebaya itu sedikitnya dari 45 organisasi perempuan anggota BKOW, serta kelompok-kelompok pecinta film Indonesia.

Sejumlah istri pejabat yang terlihat hadir di antaranya, istri Kapolda Jawa Timur, istri Wakapolda, istri Kasdam V Brawijaya, istri Sekdaprov Jawa Timur, lainnya para kepala dinas perempuan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sejumlah serta tokoh perempuan dari berbagai elemen.

Film ini  menggambarkan secara utuh perjuangan perempuan Indonesia untuk mendapat akses seimbang dengan laki-laki di segala bidang, utamanya di bidang pendidikan, kesehatan, akses terhadap modal, dan akses terhadap pekerjaan. Harapannya, perempuan Indonesia terus berjuang untuk menuju kesemaan dengan laki-laki seperti yang dicita-citakan Kartini.

Ikut hadir menyaksikan pemutaran film Kartini, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf mengatakan perjuangan hebat Kartini adalah mampu memberikan inspirasi bagi perempuan di Indonesia.

“Meskipun Kartini berjuang untuk kaum perempuan, namun tetap setia terhadap keluarganya. Kartini sungguh sangat setia kepada keluarganya,” ujar Gus Ipul.

Kemudian, Fatma Saifullah Yusuf menambahkan film Kartini adalah sejarah perjuangan yang perlu disampaikan dan diketahui oleh kaum perempuan. Fatma mengaku, dirinya juga ingin belajar dan menghayati perjuangan perempuan Indonesia.

“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bagian perayaan Hari Kartini. Selain untuk menanamkan cinta film dalam negeri, nobar film Kartini juga untuk menginspirasi para generasi penerus. Semoga banyak tercipta Kartini-Kartini lain di Indonesia setelah menonton film ini,” harapnya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here