Catat, Ini Janji Pahala Setelah Diangkat Menjadi Dirut Garuda

0
863
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Nugraha Mansury berpose usai memberikan keterangan kepada wartawan di kantor Garuda City Center, Tangerang, Banten, Rabu (12/4). Pahala Nugraha Mansury menggantikan Arif Wibowo usai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). ANTARA FOTO/Fajrin Raharjo/aww/17.

Nusantara.news, Jakarta – Setelah ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (12/4), Pahala Nugraha Mansury segera memaparkan jurus-jurus mautnya dalam meraup laba.

Satu diantara opsi yang dia tawarkan adalah meninjau biaya-biaya operasional dan posisi keuangan perusahaan dalam jangka waktu satu tahun ke depan. “Dari sisi biaya-biaya yang kita bisa review ulang dan hal lain dalam jangka satu tahun, perlu review dari sisi operasional, fleet (armada kapal) dan rute,” papar Pahala saat mendatangi tempatnya berkantor, Rabu (12/4) malam.

Pria yang terhitung sukses saat menjabat Direktur Keuangan PT Bank Mandiri itu ingin memastikan setiap rute penerbangan Garuda persentasenya meningkat dan sekaligus menghasilkan laba. Itulah fokus utama yang hendak dia kerjakan dalam satu tahun ke depan.

Baginya setiap kegiatan perlu ada program berjangka, baik 3 hingga 6 bulan, tahunan maupun 3 hingga 5 tahun untuk memastikan kondisi operasional dan keuangan perusahaan semakin sehat dan menguntungkan.

Sebagaimana CEO perusahaan yang berlatar belakang finansial lainnya, Pahala akan menekankan efisiensi biaya, disamping juga mengoptimalkan jumlah armada yang ada dan meninjau kembali rute-rute penerbangan, mana yang perlu ditambah dan mana yang perlu dikurangi.

Tentu saja Pahala tidak bisa bekerja sendirian. Dalam memutuskan kebijakan dia akan dibantu oleh 6 orang direksi baru yang juga ditunjuk dalam RUPS Rabu kemarin,

Keenam direksi itu masing-masing, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Helmi Imam Satriyono, Direktur Layanan Nicodemus P Lampe, Direktur Produksi Puji Nur Handayani, Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Nina Sulistyowati, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Linggarsari Suharso dan Direktur Kargo Sigit Muhartono.

“Pendapatan per penumpang industry ini mengalami penurunan signifikan karena persaingan tentunya. (Oleh karena itu) bagaimana bisa mengoptimalkan pendapatan melalui strategi pricing, distribusi termasuk meningkatkan profitabilitas dari rute yang ada,” terang Pahala.

Pahala juga memaparkan Strategi lainnya untuk meningkatkan pangsa pasar Garuda, baik untuk penerbangan domestik maupun Internasional. Satu diantaranya adalah mengintegrasikan Garuda Indonesia dan anak perusahaannya Citilink dengan cara penggabungan point “mileage” jarak tempuh untuk lebih menarik minat calon penumpang.

“Saat ini sudah ada inisiatif misalnya mileage dan loyalty program yang dimiliki saat ini mulai tersambung dan kembali akan kita lihat bagaimana integrasi tersebut bisa kita tingkatkan lagi,” pungkas Pahala.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here