Comey Dipecat, Demonstran Tuding Trump Bersekongkol dengan Rusia

0
39
Pengunjuk rasa menuntut dibentuknya jaksa khusus untuk menyelidiki keterlibatan Rusia yang diduga bersekongkol dengan Tim Kampanye Trump dalam Pilpres 2016 lalu/Foto VOA

Nusantara.news, Washington DC – Pemecatan Direktur FBI James Comey,  Selasa (9/5) lalu memicu demonstrasi di luar pagar Gedung Putih dengan seruan pembentukan penyelidik khusus terkait dugaan Rusia yang dituding bersekongkol dengan tim kampanye Trump.

Pemecatan James Comey dari jabatannya oleh Presiden Donald Trump dicurigai para demonstran berlatar belakang ketidak pusasan Presiden atas kesaksiannya di hadapan Kongres belum lama ini. Dalam pernyataan resminya Presiden Trump pada Rabu (9/5) disebutkan Comey tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pemecatan itu langsung memicu hadirnya ratusan demonstran yang merangsek ke gedung putih pada Rabu (9/5) kemarin lusa. Para demonstran menuntut dibentuknya jaksa khusus yang independen untuk mengusut ketelibatan Rusia dalam Pemilu Presiden Amerika.

Ketua Komite Nasional Partai Demokrat Tom Perez pengangkatan Direktur FBI yang baru harus menunggu setelah ada jaksa khusus. “Kita harus memastikan tidak seorangpun dikonfirmasi menjadi pemimpin FBI berikutnya sampai ada komitmen untuk menunjuk jaksa khusus yang independen,” ujarnya.

Begitu pun suara senator dari Partai Demokrat juga mendesak rekan-rekannya memprakarsai pembentukan penyelidikan khusus. Senator Richard Blumenthal dari Connecticut menyebutkan, satu-satunya cara memastikan integritas dan kemandirian penyelidikan campur tangan Rusia dalam Pilpres Amerika adalah dengan membentuk jaksa khusus.

“Saya punya kepercayaan luar biasa besar pada para jaksa karir di Departemen Kehakiman, pengacara pada Divisi Keamanan Nasional, agen FBI yang bekerja keras dan baik. Mereka memerlukan pemimpin untuk membuat keputusan yang mungkin berat mengenai apakah akan mengajukan tuduhan ke pengadilan. Hanya jaksa khusus yang bisa bekerja pada situasi yang sulit ini,” ujar Blumenthal.

Senator dari Partai Republik Lindsey Graham tidak menutup kemungkinan pembentukan jaksa penyelidik khusus ini, namun hanya jika mengarah pada penyelidikan kriminal atau pidana.

“Jika berubah menjadi penyelidikan kriminal maka kita akan diskusikan. Sekarang baru pengumpulan kontra intelijen dari kubu seberang mengenai benar atau tidaknya pejabat Trump bersekongkol dengan Rusia.. Saya tidak punya bukti mengenai persekongkolan atau kejahatan tapi FBI perlu terus mencari dan melakukan pekerjaannya,” kata Graham.

Ketua Komite Nasional Partai Demokrat Tom Perez percaya pemecatan Comey terkait dengan penyelidikan FBI mengenai masalah ini. Ia menambahkan, “Tidak sulit untuk mencerna mengapa Comey dipecat. Kalau Comey demikian buruknya ia seharusnya dipecat 20 Januari lalu. Kalau mereka sangat prihatin mengenai apa yang ia lakukan yang terjadi sejak bulan Oktober jadi ia bisa memecatnya waktu itu.”

Tidak ada yang mengetahui kemana arah penyelidikan tentang dugaan keterlibatan Rusia dengan kampenye Trump akan bergulir. Tapi Partai Demokrat tampaknya tidak akan membiarkan isu ini diabaikan oleh anggota legislatif Amerika.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here