Dandim Jember Paparkan Proxy War dalam Diskusi Mengenang Palagan Jumerto

0
168

Nusantara.news, Jember – Daerah Jember memiliki kisah kepahlawanan  Letkol Moch Seruji dan peristiwa Palagan Jumerto di zaman penjajahan Belanda. Namun masih adakah masyarakat Jember yang masih ingat dan mengerti peristiwa tersebut.

Untuk mengingat kembali peristiwa itu, Garpindo Jember berinisiatif menggelar diskusi pada Minggu (5/2/2017). Beberapa narasumber yang diundang antara lain Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, Polres Jember AKP Ainur Rofik, Setyo Hadi (Sejarawan Jember) dan moderator Miftahul Rahman (Pengamat Budaya Jember) bersama Anik (Sooka Radio FM Jember). Tujuan diskusi adalah untuk memelihara semangat patriotisme perjuangan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan RI sehingga tumbuh rasa bela negara di kalangan generasi penerus.

Dalam acara ini, Setyo Hadi bersama beberapa narasumber mengulas kembali sejarah kepahlawanan Moch Seruji dan nilai perjuangan pada peristiwa Palagan Jumerto. Pada peristiwa ini, para pahlawan berjuang mempertahankan daerah Jember dari gempuran penjajah Belanda hingga mengorbankan jiwa raga mereka. Acara ini juga menghasilkan inisiatif dan kesepakatan bersama untuk melakukan “nyekar dan do’a”  di makam Moch Seruji pada tanggal 8 Februari , berlokasi di Taman Makam Pahlawan Patrang, Jember.

Letkol Inf Rudianto juga menjelaskan tentang pentingnya bela negara dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Generasi penerus harus selalu waspada dengan berbagai macam gangguan seperti fenomena proxy war yang sudah melanda.

Menurut Letkol Rudianto, perang proxy war yang dimaksud dalam hal ini adalah menyerang lawan menggunakan pihak ketiga sehingga sulit untuk mendeteksi mana kawan dan mana lawan. Tujuannga adalah menguasai sumber daya alam, energi dan air Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki SDA yang melimpah.

“Untuk itu kita harus waspada jangan sampai diadu domba, mari kita bersatu dan meneladani perjuangan pahlawan kita, termasuk meneladani perjuangan Moch Seruji dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Generasi penerus wajib mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan semangat kemajuan hingga terwujudnya NKRI yang jaya,” kata Letkol Rudianto. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here