Dengan Dukungan PDI-P, Azwar Anas Siap Maju Pilgub?

0
68
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas siap meramaikan bursa bacagub Jatim 2018. Anas Maju karena diusung oleh DPD PDIP Jatim.

Nusantara.news-Banyuwangi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas siap meramaikan bursa calon untuk pemilihan gubernur tahun 2018. Lewat dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), orang nomor satu di Kabupaten Banyuwangi tersebut siap meramaikan kontestasi melawan calon lainya.

Kepastian Anas siap maju dalam pilgub Jawa Timur ketika ketua DPC PDI-P Banyuwangi, Made Cahyana beserta beberapa pengurus mengambilkan formulir pendaftaran di menit-menit akhir sebelum penutupan.

“Kami mewakili pak Anas untuk mengambil formulir pendaftaran calon gubernur di DPD Jatim. Pengambilan formulir ini merupakan hasil koordinasi kami (DPC PDI-P Banyuwangi) dengan pak Azwar Anas. Ini sebagai upaya dari kami untuk menjalankan amanat partai. Setelah terjaring nama-nama yang terpilih di tingkat DPP PDI-P, DPP mengirimkan list nama orang per-orang terpilih tersebut, ungkap Cahayana, Rabu (14/6/2017).

Terpilihnya Bupati Banyuwangi Azwar Anas untuk maju dalam pilgub tidak terlepas dari pilihan DPD tersebut. Selain itu, terpilihnya Anas juga tidak terlepas dari penjaringan aspirasi yang dilakukan oleh DPC PDI-P di tingkat akar rumput. “kami lakukan penjaringan tersebut untuk menjalankan amanat partai,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI-P membenarkan pernyatan dari DPC PDI-P tentang rencana majunya Azwar Anas. Menurutnya, Anas menjadi calon terakhir yang mengambil formulir di DPD PDI-P.

Pengambilan formulir akan dilakukan pada tanggal 1-14 Juni 2017. Sementara, untuk pengembalian formulir akan dilakukan pada tanggal 15-30 Juni 2017. “Proses selanjutnya adalah pengembalian formulir, untuk selanjutnya menjadi wewenang dari internal partai,” ujar Sony.

Secara resmi, enam tokoh mengambil formulir pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari mengatakan hingga hari terakhir pengambilan formulir, Rabu 14 Juni, tercatat ada enam orang yang mengambil formulir.

Mereka adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Ketua DPRD Jatim Kusnadi, anggota DPRD Jatim Suhandoyo (Ketua Banteng Muda Indonesia Jatim), Bupati Ngawi Budi Sulistyono, anggota DPR RI MH Said Abdullah, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Masuknya Azwar Anas dalam kontestasi bacagub, bakal meramaikan bursa pencalonan ke depan. Berdasarkan peta popularitas calon, masuknya Azwar Anas akan menyaingi kontestan lain seperti Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa yang memiliki popularitas cukup tinggi pada hasil survei.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here