Dewan Surabaya Soroti Ijin Transmart Sebelum Diresmikan

0
257

Nusantara.news, Surabaya – Dewan Kota Surabaya kembali menyoroti keberadaan swalayan kelas elit, Transmart. Toko modern yang dilengkapi dengan wahana bermain Trans Studio Mini sebentar lagi akan diresmikan oleh Bos Transcorp Chairul Tanjung, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Ketua Komisi A Herlina Harsono Nyoto saat dikonfirmasi meminta agar semua perijinan Transmart Kalirungkut harus selesai sebelum dioperasikan, tepatnya 24 Februari 2017. “Sehingga saat launching nanti sudah tidak ada permasalahan lagi,” jelasnya, Selasa (14/2/2017) kepada wartawan di Surabaya.

Seperti diketahui, keberadaan Transmart ini sebelumnya disoal lantaran belum memiliki kelengkapan ijin pendirian berdasarkan Perda Kota No 8 Tahun 2014. Bahkan saat hearing dengan Komisi A DPRD Surabaya, Senin (13/2/2017) perusahaan itu belum memiliki izin usaha toko swalayan (IUTS) dan izin mendirikan bangunan (IMB).

“Kita antisipasi saja, karena ada kekhawatiran dari warga jika Transmart itu akan mengganggu pasar tradisional dan juga lalu lintas di kawasan itu. Apalagi nanti ada bioskopnya juga,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Ditambahkan Herlina, hearing digelar untuk mengetahui kelengkapan perizinan yang masih dalam proses. Seperti izin usaha toko swalayan (IUTS), amdal lalin dan perizinan sinema. “Selama ini memang tidak ada masalah, karena memang belum dioperasionalkan,” ujar legislator dua periode tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya Tata Ruang Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan perizinan IMB Transmart Kalirungkut beres dan tidak ada masalah. “Meski dalam gedung Transmart itu nantinya akan banyak tenant bermacam-macam, izinnya cukup satu saja,” jelas Eri.

Cahyadi mengatakan, perizinan bangunan Transmart sudah beres untuk tahun 2016. Tapi untuk bangunan tambahan di belakang—yang rencananya akan digunakan untuk bioskop—belum ada izinnya.

“Kita mempermasalahkan untuk izin gedungnya. Yang bagian belakang itu belum ada. Yang masuk ke kita, itu untuk izin bangunan yang depan, izinnya sudah beres sejak tahun 2016 lalu,” kata Erri yang juga hadir dalam hearing.

Kepala Dinas Pedagangan Kota Surabaya Arini Pakistioningsih menyebutkan bahwa  IUTS Transmart menyediakan banyak fungsi, mulai swalayan hingga wahana bioskop, namun masih belum terbit. Namun saat ini IUTS nya masih diproses dan belum jadi. “Untuk IUTS tiga hari jadi, itu sesuai prosedur. Kita masih proses untuk penerbitannya. Tinggal tanda tangan saja kok,” kata Arini.

Sementara Store Manager Transmart Kalitungkut A Rofi’udin saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya untuk segera menyelesaikan semua perijinan di SKPD terkait di Pemkot Surabaya.

“Saat ini terus kami garap agar saat launching sudah beres semuanya. Yang belum ada izinnya adalah penambahan bangunan gedung bioskop bagian belakang. Gedung yang bagian belakang baru dimulai tahun ini. Akan dipakai untuk gedung bioskop. Saat ini kami tengah mengajukan perizinannya,” kata Rofiudin.

Rencana pembangunan  bioskop merupakan analisa bahwa di kawasan Surabaya Timur belum terdapat fasilitas tersebut. Pihaknya berjanji untuk membereskan izin agar saat dibuka perizinannya sudah rampung. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here