Pilkada Kota Batu 2017

Diduga Terlibat Money Politic, Camat Bumiaji Kota Batu Diperiksa Panwas

0
208

Nusantara.news, Kota Batu – Terkait pelaporan kasus Edi Rumpoko (Walikota Batu) oleh Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) ke Panwaslih, Jumat (10/2/2017) lalu dengan didugaan melakukan money politic saat silaturrahim dengan warga Dusun Sumbersari, Desa Giripurno, dan beberapa desa lainnya.

Imbas dari pelaporan itu Camat Bumiaji, Aris Imam Yuwono kini  diperiksa oleh Panwaslih Kota Batu terkait dugaan keterlibatannya dalam kasus tersebut.

Dalam pemeriksaannya sekitar 2 jam lebih oleh Panwaslih. Aris mengakui jika acara sillaturahim tersebut ada pembagian uang dan bingkisan. “Iya, pak Camat mengakui ada pembagian,” kata Salma Safitri, Ketua Panwaslih.

Pihaknya telah memeriksa beberapa saksi dugaan pelanggaran tersebut. Di antaranya Kepala Desa Giripurno, Ketua PKK Desa Giripurno, Kepala Dusun Sumbersari, Ketua RW 11 Dusun Sumbersari.

Salma menambahkan bahwa semua saksi membenarkan ada pembagian bingkisan dan uang oleh Wali Kota Batu. “Soal ajakan mencoblos nomor 2 dalam acara itu belum pasti, saksi tidak mengetahui,” imbuh Salma.

Pihaknya menyangkakan Pasal 187 a dan 71 ayat 3 UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada. Terkait perbuatan melawan hukum melakukan money politic yang dilakukan oleh ASN / Pejabat Negara.

Panwas akan segera menjadwalkan pemanggilan Wali Kota Batu, Bidang Kesra dan Dinas Sosial. Sementara, Camat Bumiaji Aris Imam Yuwono, enggan berkomentar kepada awak media usai menjalani pemeriksaan.

“Semua keterangan sudah saya paparkan di Panwaslih, langsung tanya mbak Salma saja selakau ketua Panwaslih. Saya, No comment” tandas Aris. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here