Di Mana Orang-orang Terkaya Dunia Tinggal?

0
336
Kota Beijing Cina, (s.aolcdn.com)

Nusantara.news, – Kapitalisme dan globalisasi melahirkan banyak orang terkaya di dunia. Tapi sayangnya kekayaan menumpuk hanya pada sebagian kecil orang saja. Sementara kesenjangan di dunia semakin menganga, paradoks dengan tujuan kesejahteraan masyarakat dunia.

Organisasi nirlaba untuk masalah sosial Oxfam merilis hasil riset (2016) bahwa delapan orang terkaya di dunia saat ini menguasai aset setara milik 3,6 miliar penduduk miskin dunia. Bayangkan saja, kekayaan pendiri Micrososft Bill Gates yang saat ini mencapai 85 miliar dolar Amerika atau Rp1.136 triliun lebih, separuh dari APBN Indonesia tahun 2017 sebesar Rp2.080 triliun. Pada 2016 Bill Gates dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes.

Di mana saja orang-orang terkaya di dunia itu tinggal?

Berikut adalah negara dan kota-kota di dunia dengan jumlah orang terkaya terbesar yang tinggal di sana menurut data riset sebuah lembaga penelitian di Cina, Hurun Research Institute, 2016:

Cina dan Amerika merupakan dua negara yang memiliki jumlah orang kaya terbesar dengan 568 miliarder Cina dan 535 miliarder AS. Jumlah itu jika digabung, hampir setengah dari seluruh miliarder di planet ini. India juga mempunyai pertumbuh yang cepat jumlah orang kayanya. Sementara Rusia mengalami penurunan.

Cina, meski terjadi perlambatan ekonomi, mampu mencetak miliarder baru ketimbang negara lain. Jumlah miliarder di Cina melonjak 50% sejak tahun 2013.

Jika kekayaan 568 miliarder Cina digabungkan berjumlah USD 1,4 triliun hampir menyamai PDB Australia. Bidang Real Estate telah mencetak paling banyak miliarder di Cina, diikuti manufaktur dan teknologi.

Beijing menjadi kota di Cina dengan miliarder terbanyak, berikutnya Hong Kong, Shanghai, Shenzhen dan Hangzhou.

Orang-orang kaya seperti Wang Jianlin (61 tahun) Li Ka-shing (87), dan Jack Ma (51) tinggal di kota-kota itu.

Amerika Serikat merupakan peringkat kedua dari segi jumlah orang kaya (535 miliarder) tapi jika kekayaan mereka digabung jumlahnya melebihi kekayaan para miliarder Cina, yaitu USD 2,4 triliun jumlah yang sedikit lagi menyamai PDB Prancis. Investasi di bidang teknologi merupakan sumber utama pundi-pundi kekayaan miliarder AS, diikuti oleh bidang ritel. New York menjadi kota di AS yang paling banyak ditinggali miliarder, diikuti San Francisco dan LA.

Jumlah orang kaya India berada di urutan ketiga di dunia, 111 miliarder. Bidang manufaktur, farmasi dan teknologi, merupakan sumber pundi-pundi kekayaan mereka. Jika digabungkan kekayaan mereka berjumlah USD 308 miliar. Mumbai adalah pusat bagi sebagian orang terkaya di India.

Rusia turun ke posisi enam, dari segi jumlah orang terkaya di negeri itu, yaitu 80 miliarder. Sektor energi dan real estate adalah sumber utama pemasok pundi-pundi kekayaan miliarder Rusia. Kekayaan gabungan miliarder Rusia mencapai USD 234 miliar, atau turun sekitar 36% dari sebelumnya (2015).

 

Menurut data Forbes rekor orang terkaya di dunia dipegang oleh Bill Gates, orang Amerika pendiri Microsoft dengan kekayaan USD 85 miliar, posisi berikutnya ditempati Warren Buffet USD 73,7 miliar, lalu pendiri Amazon Jeff Bezos USD 71,4 miliar, Amancio Ortega (USD 71,2 miliar).

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg memiliki kekayaan USD 54,9 miliar, Carlos Slim Helu USD 50 miliar, Larry Ellison USD 49,6 miliar, Charles Koch USD 44,5 miliar, David Koch USD 44,5 miliar, dan Michael Bloomberg USD 43,9 miliar. [ ] (berbagai sumber)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here