Dialog Kebangsaan Di ITS, Kapolrestabes Surabaya Pesan Jaga Keutuhan NKRI

0
95

Nusantara.news, Surabaya – Kapolrestabes Surabaya Kombes Polisi Muhammad Iqbal berpesan agar generasi muda termasuk mahasiswa untuk selalu menjaga kebhinekaan serta memahami, memaknai dan menjabarkan isi sila-sila dalam Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pernyataan itu disampaikan Kombes Polisi Muhammad Iqbal dalam acara dialog dengan tema Merajut Kembali Jiwa Nasionalisme Kebangsaan dan Jati Diri Bangsa demi Keutuhan Nusantara di Ruang Utama Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (28/4/2017).

Dalam kesempatan itu Iqbal menyatakan mahasiswa adalah sekelompok komunitas anak muda yang memiliki kemampuan keilmuan dan akan menentukan keberhasilan di bidangnya masing-masing. Untuk itu, mahasiswa harus mampu menjadi pelopor perubahan di lingkungannya agar menjadi lebih baik.

“Adik-adik mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa ini. Mahasiswa harus memiliki pemahaman kebhinnekaan dan keberagaman. Indonesia ini rumah kita bersama dan NKRI harus dijaga. Ilmu saja tidak cukup. Keberagaman adalah anugerah dan anugerah itu dari yang maha kuasa,” urai Muhammad Iqbal.

Muhammad Iqbal juga mengingatkan bahaya ancaman proxy war dan fenomena global. Ia berpesan, mahasiswa dan generasi muda lainnya tidak hanya mengandalkan gadget, tetapi harus tetap berpegang pada Al-Quran.

Gadget itulah yang memicu mereka tidak banyak berkomunikasi. Ini berbahaya karena memicu suburnya sifat individualistik,” tegasnya.

Selain diberikan paparan tentang kebangsaan, puluhan mahasiswa yang menjadi peserta acara tersebut juga diberikan paparan tentang kehancuran bangsa dan negara lain karena tidak menjaga keutuhan dan kebersamaan. Di akhir acara, para mahasiswa mendapat kesempatan bertanya dan berdiskusi tentang berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia.

“Kita harus bersyukur hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan keberagamannya. Ini hanya ada di Indonesia, tidak ada di negara-negara lain di dunia. Untuk itu keutuhan Indonesia harus tetap dijaga, jangan terpecah belah,” tegas Iqbal. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here