Dinas Koperasi dan UMKM Situbondo Temukan Puluhan Koperasi Fiktif

0
198

Nusantara.news, Situbondo – Dalam audit yang dilakukan Diskop dan UMKM Situbondo, ditemukan sebanyak 42 koperasi fiktif dan 400 koperasi lain yang tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Achmad Sugiharto mengungkapkan,  hanya 390 koperasi yang melakukan RAT dari total 790 koperasi yang ada. Padahal, setiap koperasi wajib melakukan RAT bersama Dinas Koperasi, guna mengetahui perkembangan kinerja usaha masing-masing.

“Kami telah mengusulkan 42 koperasi dibubarkan, karena dinilai sudah tidak produktif lagi dan tidak jelas kepengurusannya. Usulan pembubaran tersebut sudah dilayangkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM,” tegasnya, Jum’at (17/3/2017).

Sugiharto menambahkan, keputusan untuk pembubaran koperasi fiktif tersebut sebagai langkah untuk peningkatan kinerja koperasi ke depan. Idealnya setiap koperasi harus mengikuti setiap ketentuan atau aturan tata kelola yang ada.

“Dari 42 koperasi yang diusulkan akan dibubarkan, tidak termasuk koperasi yang masih memiliki tunggakan utang ke Bank,  serta koperasi yang pernah mendapatkan dana hibah dari pemerintah,” ujarnya.

Saat ini, pihak Dinas Koperasi dan UMKM masih menunggu keputusan pembubaran koperasi fiktif dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Menurut Sugiharto, pihaknya masih kesulitan untuk membubarkan KUD yang pernah mendapatkan dana hibah program kredit dari pemerintah, karena keputusan pembubaranya ada di pemerintah pusat. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here