Dirut IMF Khawatirkan Pemilu Eropa

0
60
Direktur IMF Christine Lagarde (Foto: Reuters)

Nusantara.news, Dubai – Pemilihan umum (Pemilu) di kawasan Eropa yang cenderung menunjukkan fenomena menguatnya pemimpin politik dari kalangan populis dan anti-globalisasi, tampaknya telah membuat Direktur Utama Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde khawatir.

Lagarde mengatakan pada Minggu (12/2) bahwa dirinya khawatir tentang hasil pemilu di Eropa. Meskipun, dia bersikeras bahwa zona euro telah membuat kemajuan dalam menyelesaikan masalah ekonomi.

Tentu saja, yang dikhawatirkan oleh Lagarde adalah kemenangan para pemimpin sayap Kanan yang akan mengubah sistem perekonomian Uni Eropa, setelah sebelumnya Inggris menyatakan keluar dari blok tersebut.

“Saya khawatir, seperti kita semua, tentang sejumlah pemilu ini,” kata Lagarde dalam konferensi internasional para pembuat kebijakan ekonomi dan akademisi di Dubai, Minggu (12/2) sebagaimana dilansir Reuters. Pernyataan Lagarde keluar ketika dirinya ditanya tentang Pemilu tahun ini di Perancis, Belanda dan Jerman. Namun, pemimpin lembaga yang mendukung kapitalisme global itu tidak memerinci lebih jelas mengenai kekhawatirannya.

Sebagaimana diketahui, di Prancis Marine Le Pen, telah berjanji untuk mengambil alih Prancis keluar dari zona euro. Le Pen mendapat dukungan yang tinggi dari rakyat Prancis sebelum pemilihan presiden dilaksanakan pada bulan April tahun ini.

Sementara, politisi sayap kanan yang lain Geert Wilders mendapatkan dukungan yang tinggi dalam jajak pendapat di Belanda. Di pihak lain, tokoh konservatif Kanselir Angela Merkel di Jerman menghadapi tantangan berat dalam pemilu Jerman yang akan berlangsung.

Ketika ditanya apakah fenomena tersebut merupakan dampak dari kegagalan dari pemerintah negara-negara Eropa mengatasi krisis utang zona euro, dan menunjukkan bahwa Uni Eropa gagal untuk menangani isu-isu besar, Lagarde membela Uni Eropa dengan mengatakan bahwa Irlandia, Portugal dan Siprus semuanya telah pulih dari krisis.

Lagarde menegaskan, “Harus ada upaya lebih, harus ada upaya lebih. Tidak ada pertanyaan tentang hal itu,” katanya.

Lagarde juga berpandangan bahwa Presiden Amerika Donald Trump kemungkinan besar baik bagi ekonomi Amerika dalam jangka pendek, walaupun suku bunga yang naik dan dolar yang menguat akan menantang perdagangan dunia.

Dia mengatakan, rencana Trump untuk investasi tambahan dalam prasarana Amerika dan kemungkinan reformasi pajaknya akan memperkuat ekonomi Amerika.

Namun, Lagarde mengakui bahwa kebijakan Trump kemungkinan akan memperkecil pasar internasional.

“Yaitu perketatan yang akan mempersulit ekonomi sedunia dan untuk itu ekonomi negara-negara lain harus bersiap-siap,” kata Lagarde.

“Pertumbuhan cepat AS dan tingkat pengangguran yang rendah bisa menyebabkan lebih banyak kenaikan suku bunga AS, sementara inflasi di AS telah mulai mendekati ambang yang juga akan memicu pengetatan moneter,” tambahnya.

Ketika ditanya mengapa dunia tidak memperkirakan kebangkitan Trump dan rakyat Inggris yang memilih keluar dari Uni Eropa, Lagarde menuding adanya ‘dorongan yang menyusup dengan licik’ ke arah pemikiran anti-globalisasi dan proteksionisme.

“Kita selama ini mengatakan globalisasi sangat baik, perdagangan internasional sangat baik, dan memang sangat baik,” katanya. “Tetapi kita tidak melihat orang-orang yang terkena dampak buruknya.”

Lagarde malah menuduh dampak buruk itu sebagian disebabkan oleh kebangkitan robot-robot yang mengambil alih lapangan pekerjaan, serta kemajuan yang mengecil pada golongan menengah di dunia.

Lagarde dengan sangat berhati-hati menghindarkan pertanyaan mengenai pemikirannya tentang Trump di Gedung Putih dengan mengatakan “ini sesungguhnya proses yang sedang berjalan, banyak pengumuman, banyak cuitan, banyak hal-hal yang dikatakan.”

Namun, dia menekankan pentingnya data dan fakta dalam pengambilan keputusan.

“Saya tahu tidak menarik lagi sekarang ini, tetapi saya kira bahwa fakta, angka-angka dan pemeriksaan sesungguhnya adalah realitas sangat penting dan bahwa kita harus jujur mengenai kebenaran,” katanya. [ ]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here