DPRD Bondowoso Turun Lapangan untuk Serap Aspirasi Masyarakat dan Potensi Lokal

0
141

Nusantara.news, Bondowoso – Untuk mengetahui persepsi dan keinginan masyarakat, DPRD Bondowoso melakukan kunjungan ke masyarakat. Kegiatan ini dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso Achmad Dhafir  yang mendatangi destinasi wisata Tancak Kembar yang terletak di Desa Kupang, Kecamatan Pakem, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (05/03/2017).

Menurut Dhafir, kunjungannya ke desa-desa dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat sehingga legislatif memiliki input untuk menyusun kebijakan agar sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Selain itu, kunjungan tersebut juga menjadi momen untuk mengetahui potensi dan sumber daya yang dapat dikembangkan untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Sebagai wakil rakyat yang telah dipercaya masyarakat, saya ingin meninjau langsung potensi daerah, sehingga dalam menentukan kebijakan itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, bukan kemauan pejabat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan DPRD Bondowoso juga memberikan motivasi dan pengarahan kepada masyarakat agar mengembangkan jiwa wirausaha. Karena wirausaha, menurut Ketua DPRD Bondowoso, menjadikan masyarakat lebih mandiri dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainya. “Saya juga memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak ragu untuk menjadi seorang wirausaha,” ungkap dhafir.

Kabupaten Bondowoso merupakan daerah yang memiliki bahan baku mentah untuk dijadikan modal berwirausaha masyarakat. Selain wisata alam, salah satu komoditi yang dinilai potensial yang dapat dikembangkan oleh masyarakat Bondowoso adalah kopi rakyat.

Tidak lupa, DPRD juga berbincang dengan beberapa petani kopi untuk mengetahui perkembangan usaha perkebunan kopi rakyat di Bondowoso. DPRD berharap agar potensi sumber daya alam yang dimiliki ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penghasilan dan membuka lapangan kerja secara mandiri. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here