DPRD Jatim Bentuk Satgas Pangan Antisipasi Lonjakan Harga

0
126

Nusantara.news, Surabaya – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan.

Anggota Komisi B DPRD Jatim Yusuf Rohana menyatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Provinsi Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke pasar-pasar tradisional.
“Inspeksi mendadak dinilai penting untuk mengantisipasi pedagang yang sengaja mempermainkan harga di saat Ramadhan,” kata Yusuf Rohana.
Yusuf Rohana menegaskan, pihaknya juga akan merekomendasikan agar pedagang yang terbukti nakal karena mempermainkan harga, ditindak tegas.
“Kita ingin memastikan kenaikan harga jelang bulan Ramadhan masih bisa terjangkau oleh masyarakat. Apabila ada harga satu komiditas tertentu yang lonjakan harganya terlalu tinggi akan kita selidiki,” kata Wakil Ketua Fraksi PKS tersebut seraya menambahkan, stabilitas harga sangat penting saat bulan Ramadhan, agar masyarakat tak tenang dalam beribadah.
Anggota Komisi B DPRD Jatim Moch Alimin juga sangat mendukung dibentuknya Satgas Pangan. Diharapkan, satgas ini mampu mencegah permainan harga bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017.
”Jangan sampai ada permainan harga untuk kebutuhan bahan pokok di Jawa Timur. Jangan sampai ada penimbunan di tingkat distributor,” kata Alimin.
Pria yang juga politisi Partai Golkar ini mengatakan, pihaknya mendukung proses pidana bagi penimbun bahan pokok. ”Harus ada proses pidana karena penimbunan akan mengganggu roda perekonomian dan menimbulkan gejolak di pasar,” jelasnya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here