DPRD Kawal Upaya Peningkatan Kualitas Tembakau Bondowoso

0
104

Nusantara.news, Bondowoso – Hampir dipastikan mayoritas petani tembakau di Bondowoso mengalami kegagalan panen. Penyebabnya adalah kondisi cuaca yang tidak bersahabat dan penyakit yang menyerang tanaman. Dampang langsung dari kegagalan ini adalah turunya kualitas tembakau produksi Bondowoso.

Untuk itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso terus serius dalam pengawalan Peraturan Daerah (Perda) Tata Niaga Tembakau, di Kabupaten Bondowoso.

Ketua  Komisi II DPRD Bondowoso, Adi Kriesna mengungkapkan pihaknya akan mengupayakan pengawalan Perda Tata Niaga Tembakau. Tujuanya jelas, untuk memperbaiki kualitas tembakau yang mampu bersaing dengan produk tembakau  dari daerah lain di pasaran.

“Kita senafas dengan keinginan petani dan mendukung upaya pemerintah untuk mengawal musim tanam tembakau tahun 2017, mulai pra-tanam hingga pascapanen,” ungkapnya, Rabu (8/2/2017).

Dengan adanya perda tersebut diharapkan dapat mensupport dan melindungi petani Tembakau. “Saya sudah menyuarakan ini setahun yang lalu. Tapi, sampai sekarang belum ada kejelasan dari pemerintah dan lain sebagainya,” tegasnya.

Kriesna menambahkan, petani harus memperhatikan siklus cuaca ketika melakukan proses penanaman cabai, agar resiko ganggunan terhadap tanaman bisa berkurang.

“Sampai saat ini, problem pertembakauan di Kabupaten Bondowoso masih soal kualitas yang rendah. Sedangkan  perusahaan rokok meminta kualitas tinggi. Dengan adanya prakiraan cuaca pada tahun 2017 ini, harus ada kejelasan sikap dari pemerintah untuk mengantisipasinya agar kualitas produksi tembakau bisa ditingkatkan,” tutup Kriesna. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here