DPU Malang Akan Perbaiki Irigasi Penyebab Banjir

0
78
Anang Udayana, Kabid Kepala Bidang Pembangunan DPU SDA Kabupaten Malang

Nusantara.news, Kabupaten Malang –  Banyaknya irigasi yang rusak dan bocor menjadi salah satu faktor penyebab banjir di sejumlah titik di Kabupaten Malang. Ini membuat warga terheran-heran  apakah tidak ada anggaran perawatan untuk perbaikan irigasi yang kondisinya sudah rusak itu?

Ngateman, salah seorang warga Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang menuturkan, jika hujan lebat air di saluran irigasi sering meluap ke jalan, sehingga jalan raya tergenang air. “Semen pembatas dinding irigasi banyak yang berlubang,” ujarnya kepada Nusantara.news, Senin (10/4/2017). Ia mempertanyakan terkait langkah pemerintah setempat dalam memperhatikan irigasi “Ini apakah memang tidak ada anggaran perawatan irigasi?” katanya mempertanyakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembangunan PU Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Malang, Anang Udayana mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan debit air pada pengairan irigasi sawah teknis. “Totalnya sepanjang 26 kilometer, yang akan lakukan rehab pada 52 titik, di mana tiap titiknya sekitar 500 meter,” ujarnya

Anang menambahkan untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi yang tersebar di 33 kecamatan, pemerintah akan lebih serius. “Langkah ini bertujuan, untuk mengurangi kebocoran air. Sehingga nantinya pemanfaatan air yang ada pada jalur tersebut bisa optimal,” imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) mengalokasikan dana anggaran Rp 10 miliar dari APBD tahun 2017 untuk rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi. “Memang selama ini masih banyak kebocoran air yang terjadi,  pada irigasi,” ungkapnya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here