Drama Kontrak Tambang Freeport

0
371

Nusantara.news, Jakarta – Proses negosiasi antara pihak pemerintah dengan PT Freeport Indonesia sudah mencapai titik temu. Akhirnya, pemerintah setuju untuk memperpanjang kontrak 1 kali 10 tahun dan akan dievaluasi di 10 tahun kedua. Dengan kesepakatan perpanjangan tersebut, operasi perusahaan yang berafiliasi dengan Freeport-McMoran asal Amerika Serikat (AS) itu praktis bakal berakhir hingga tahun 2041.

Seperti diketahui, batas waktu kontrak pertambangan Freeport baru akan segera berakhir pada 2021. Namun memasuki awal tahun 2017, kedua belah pihak sudah buru-buru membahas bahkan menyepakati poin penting dalam klausul perpanjangan Kontrak Karya (KK) yang kini dirubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Padahal, menurut UU Minerba No 4 Tahun 2009 dan PP NO 77 Tahun 2014, perpanjangan hanya boleh diajukan paling cepat 2 tahun sebelum kontrak berakhir.

Baca: Obama Pulang, Kontrak Freeport Diperpanjang

Berikut ini adalah fakta kontribusi tambang emas Freeport di Indonesia dan episode panjang drama kontrak yang disepakati hingga di rezim pemerintahan Presiden Jokowi. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here