Diskusi Transportasi di KAHMI Malang

Duduk Bersama untuk Menegakkan Aturan

0
125

Nusantara.news, Kota Malang – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), menyelenggarakan diskusi publik tentang permasalahan transportasi di Kota Malang, Kamis (9/3/2017) di Café Kopilogi, Ijen Kota Malang.

Diskusi yang bertajuk “Mengkaji Permaslahan dan Solusi  Pengelolaan Transportasi di Kota Malang” ini dhadiri beberapa pejabat pemerintahan, nampak Sutiaji selaku Wakil Walikota Malang, Bambang Sumarto Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Luthfi Kurniawan Pemerhati Kebijakan Publik, Hendy B. Putro sebagai Pakar Transportasi dan lainnya.

Dalam forum tersebut beberapa pejabat dan tokoh masyarakat menyampaikan pandangan mereka mengenai polemik transportasi yang semakin berlarut di Kota Malang.

Wakil Walikota Malang, Sutiaji, mengungkapkan semua pihak yang berkaitan harus duduk bersama terkait permasalahan ini. “Kalau kembali kepada negara hukum, semua harus sudah duduk bersama dan aturan ditegakkan,” ungkapnya

Pihaknya mengingatkan, semua transportasi berbasis asplikasi online harus menaati aturan. Setiap moda transportasi harus memiliki izin operasional dan menjalani uji KIR, serta pengemudinya harus memiliki SIM Umum. Selain itu, kesepakatan tarif juga perlu ditetapkan. “Mikrolet, taksi, Organda juga begitu, harus berbenah, sudah sesuai belum layanan kepada masyarakat selama ini,” ujar Sutiaji, Kamis (9/2/2017)

Semntara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Bambang Sumarto, menyerukan untuk konsistensi penegakan aturan sebagai solusi meredam polemik transportasi online dan konvensional. “Setiap usaha apa pun yang bergerak di Kota Malang, harus berdasarkan hukum. Ketegasan itu tidak terkecuali berlaku pada moda transportasi berbasis online,” seru Bambang

Ia mengungkapkan,   berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur, saat ini baru 33 armada yang memiliki legalitas. “Itu di Jatim, di Kota Malang belum ada sama sekali yang punya izin,” imbuhnya.

Bambang menegaskan bahwa pemerintah setempat yang harus tegas sesuai   aturan hukum yang berlaku. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here