E-Government Sebagai Kunci Kesuksesan Banyuwangi

0
415

Nusantara.news, Banyuwangi – Salah satu kunci sukses tata kelola pemerintahan adalah mengikuti perkembangan teknologi informasi yang telah berkembang pesat. Peluang inilah yang dimanfaatkan pemerintah Banyuwangi untuk meningkatkan pengelolaan tata pemerintahan, demi menuju daerah unggulan.

Kabupaten Banyuwangi terus memperkuat jaringan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Saat ini daerah berjuluk The Sunrise of Java ini didukung 1.400 titik wifi dan media wireless 835 cluster fiber optik Indonesia Broadband Plan. 

Selain itu, Banyuwangi juga terus mengembangkan Goverment Information System di berbagai bidang pemerintahan, seperti e-gov, e-office, e-health, e-education, e-budgeting, e-village hingga e-audit.

“Kami sangat meyakini ke depan keunggulan suatu daerah sangat ditentukan penetrasi jaringan IT-nya,” ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Minggu (12/3/2017).

Realisasi sejumlah terobosan yang meliputi berbagai kebijakan maupun pendapatan juga tertuang dalam laporan keuangan daerah 2016 lalu. Di mana belanja daerah 2016 Rp3,4 triliun, terealisasi sebesar Rp2,8 triliun atau 84, 50 persen dari pagu anggaran.

Serapan anggaran yang tinggi juga diikuti oleh pencapaian pendapatan daerah. Target pendapatan daerah mencapai sebesar Rp3,04 triliun dan terealisasi Rp2,8 triliun atau mencapai 92,4 persen. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here