Gandeng Bulog dan Pelni, Pelindo III Wujudkan Program Rumah Kita

0
136

Nusantara.news, Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merespon cepat program Rumah Kita yang digagas oleh Kementerian Perhubungan. Bekerjasama dengan Bulog dan PT Pelni (Persero), Pelindo III merencanakan penyiapan pusat-pusat logistik dan komoditas serta pengangkutan barang yang murah dan efisien khususnya di wilayah timur Indonesia.

Kesepakatan antara Pelindo III, Bulog, dan Pelni tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani bersama di Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya, Jumat (10/3/2017).

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut program Rumah Kita sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menekan disparitas harga di beberapa wilayah Indonesia.

Dalam program Rumah Kita diharapkan terwujud ketersediaan pusat-pusat logistik untuk menampung barang-barang komoditas dari berbagai daerah yang ada di sekitar pusat logistik. Selain pusat logistik, program Rumah Kita juga membutuhkan pihak pengelola komoditas dan pihak yang melakukan pengangkutan barang untuk mendistribusikan komoditas tersebut ke wilayah lain di Indonesia.

“Pelindo III nanti sebagai penyedia pusat logistik, mulai pelabuhan, gudang atau tempat penyimpanan lainnya. Bulog yang menyediakan komoditas-komoditas, sedangkan Pelni yang bertugas menyediakan pengangkutan untuk distribusi barang,” ujar Orias.

Ditambahkan, Pelindo III juga akan menyiapkan beberapa pusat logistik khususnya di beberapa wilayah di Indonesia timur yang menjadi wilayah kerja perusahaan tersebut.

Sementara, Kementerian Perhubungan telah menetapkan beberapa pusat-pusat logistik yang ada di wilayah Pelindo III yakni di Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi, dengan memanfaatkan jalur-jalur pelayaran yang termasuk dalam rute Tol Laut.

“Selain memanfaatkan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, program Rumah Kita juga memanfaatkan fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan seperti yang ada di Dompu dan Rote,” katanya.

Terkait program tersebut, Direktur Komersial Perum Bulog Febriyanto mengaku pihaknya siap mendukung pelaksanaan program Rumah Kita. Bulog katanya, berperan dalam penyediaan bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan oleh masyarakat. Termasuk juga berperan untuk melakukan pendistribusian komoditas kepada masyarakat.

“Bulog juga bisa memanfaatkan gudang-gudang logistik yang kami miliki di beberapa daerah,” tambahnya.

Sementera itu, Direktur Utama Pelni Elfien Guntoro menyebut peran perseroan yang dipimpinnya dalam mewujudkan program Rumah Kita adalah sebagai penyelenggara angkutan kapal tol laut guna pendistribusian komoditas yang dikelola oleh Bulog. Termasuk menjamin ketersetiaan ruang angkutan di kapal tol laut untuk pendistribusian komoditas khususnya untuk angkutan-angkutan yang sudah terjadwal.

“Dari sisi angkutan Pelni siap untuk membawa komoditas Bulog, kami memiliki rute-rute pelayaran yang sudah terjadwal khususnya untuk wilayah timur di Indonesia,” terangnya.

Pengaturan dan penyimpanan komoditas barang melalui Rumah Kita, yang dekat dengan pelabuhan serta jadwal angkutan Tol Laut yang tepat, akan mengurangi disparitas harga. Khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Semoga saja berjalan lancar. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here