Geliat UKM di Kabupaten Bondowoso

0
215

Nusantara.news, Bondowoso – Geliat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bondowoso mulai nampak. Salah satu indikator tumbuh kembang UKM tersebut dapat dilihat ketika produk-produk lokal khas desa di Bondowoso mulai dijajakan di pasaran.

Desa Karanganyar, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso menjadi salah satu tempat penghasil produk lokal unggulan. Setidaknya ada 3 UKM yang bergerak di beberapa sektor dengan memanfaatkan potensi desa yang ada. UKM itu antara lain Citra Pepaya, Lentera Desa, dan perempuan kreatif.

 Sekertaris Desa Karanganyar Sugiono menyatakan, jika pihak desa akan terus mengembangkan dan memantau perkembangan usaha kreatif itu karena memang seluruhnya diinisiasi oleh masyarakat. Ketiga UKM di desa mengembangkan potensi desa seperti pepaya menjadi abon pepaya, bambu yang dibuat sebagai anyaman seperti piring dan tempat tisu, serta yang terakhir adalah budidaya dan pengolahan jamur tiram.

Geliat UKM di Desa berhasil terwujud berkat sinergi antara perangkat desa, pendamping desa dan masyarakat. Faktor yang terpenting dari pengembangan UKM di desa adalah dengan mencarikan pasar penjualan yang tepat untuk produk lokal unggulan.

“Kita dorong terus untuk mengembangkan ekonomi kreatif ini, dan yang terpenting pembinaan, pengembangan perlu dilakukan serta hasil nya disenergikan ke BUMDes Insan Cita agar bisa ditampung dan dipasarkan secara maksimal,” ujar Rizki Septiadi, pendamping Desa Tegalampel.

Senada dengan hal tersebut, Ketua UKM Perempuan Kreatif menyatakan jika pengembangan UKM sangat mengaharapkan pihak pemerintah desa untuk membantu pengembangan industri dan peningkatan kualitas produk. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here