Gerakan Literasi Banyuwangi Raih Penghargaan Kemendikbud

0
135

Nusantara.news, Banyuwangi – Gerakan Literasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Bupati Banyuwangi, Azwar Anas mengungkapkan penghargaan dari Kemendikbud merupakan hasil jerih payah Pemkab meningkatkan minat baca murid di sekolah-sekolah.

“Apresiasi ini akan terus memotivasi kami untuk mengembangkan program-program literasi secara kreatif dan inovatif, khususnya bagi siswa,” ujar Anas, Selasa (21/3/).

Pemerintah Banyuwangi selama ini memang melaksanakan usaha untuk meningkatkan minat baca. Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya perda perpustakaan yang mewajibkan ruang publik memiliki sarana perpustakaan, baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta.

“Perda tersebut juga mengatur setiap desa/kelurahan wajib mengalokasikan anggaran untuk pengadaan, pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan di kantornya, serta pemberian intensif bagi pengelola perpustakaan,” tegas Anas.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad P.Hd secara simbolik menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiono di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Salah satu pihak dewan juri dalam kesempatan ini adalah US Agency for International Development (USAID), yang merupakan badan pembangunan internasional Amerika Serikat.

Salah satu bukti nyata peningkatan minat baca siswa adalah dengan mewajibkan siswa SD dan SMP untuk satu minggu sekali ke perpustakaan untuk membaca buku dan meringkas hasil buku yang telah dibaca. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here