Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara, Gelar Lapak Baca di CFD

0
134

Nusantara.news, Kota Malang – Sekumpulan pemuda yang tergabung dalam Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Malang, menggelar lapak perpustakaan di Car Free Day (CFD) di Jl. Idjen Boulevard. Kegiatan ini berujuan menumbuhkan minat baca dan melek literasi generasi muda yang semakin miris keadaannya

Hastya Rizkananda, Anggota GPAN mengatakan, gerakan ini penting mengingat minat baca yang semakin menurun di kalangan generasi muda, terlebih teknologi atau gadget yang lebih menarik telah menggeser minat baca buku.

‪”Tujuannya agenda ini supaya bisa membangkitkan minat baca kalangan muda-mudi, mengingat peran buku tergeser dengan gadget yang lebih menarik dari pada buku”, ungkap penanggung jawab acara, Hastya Rizkananda, Minggu (19/2/2017).

‪Selain itu misi dari gerakan pemuda ini untuk menumbuhkan budaya membaca, melihat latar belakang minat baca masyarakat indonesia yang minim.

”Dengan ini, gerakan kami bermaksud untuk menumbuhkan budaya membaca. Namun kami tidak hanya membudayakan membaca, tapi membaca kebudayaan kita juga penting, agar kita mengenali sejarah dan budaya kita,” ungkapnya

‪Hastya berharap gerakan ini bisa massif dan rutin dilakukan agar memiliki dampak yang  berkelanjutan. “Harapannya, dari gerakan kecil ini, dapat berlanjut dan mampu membentuk generasi muda menjadi generasi penerus emas bagi bangsa dan negara yang memiliki wawasan luas, cerdas, sosial, dan bermartabat.” harapnya.

Lia, ‪Salah satu pengunjung menyambut baik gerakan perpustakaan ini. Ia berharap kegiatan seperti ini diadakan kembali dengan menambah koleksi buku supaya lebih beragam. ‪”Gerakan pemuda yang cukup kreatif, semoga untuk ke depannya diadakan kembali dengan menambah referensi tema-tema bukunya,” ujar Lia.

‪Budaya membaca memang harus ditingkatkan, guna mendulang angka melek literasi serta meningkatkan pengetahuan. Namun tak cukup hanya membudayakan membaca, sebab yang tidak kalah pentingnya membaca dan memmahami budaya, agar identitas bangsa, nusantara, tidak terkikis. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here