Gerindra Beri Sinyal Bangun Koalisi Usung La Nyalla

0
87

Nusantara.news, Surabaya – DPD Gerindra Jawa Timur menyerahkan keputusan calon kepada pusat yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 pasca statement Wakil Ketua Umum DPP, Ferry Juliantono ketika hadir dalam acara buka bersama dengan La Nyalla Mahmud Mattalitti di Kantor Kadin Jawa Timur (19/6/2017). Sekretaris DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadat, memastikan sikap itu kendati dalam bursa pencalonan yang digelar internal, hampir tidak pernah disebut.

Menurut dia, nama Ketua Umum Kadin Jawa Timur memang tidak pernah muncul dalam bursa kandidat, termasuk pada forum rapat pimpinan daerah. Termasuk selama proses penjaringan aspirasi di tingkat DPD dan DPC. Bahkan kader internal lebih sering disebut.

Pertimbangan ini yang sempat menjadi dasar Sadat beberkan jika calon yang akan diusung merupakan muka baru beberapa waktu lalu. “Tapi karena muncul nama di tingkat DPP maka nama beliau akan menjadi pertimbangan,” ucap anggota DPRD Jawa Timur tersebut, Selasa (20/6/20187).

Sementara itu, pengamat politik dari Lembaga Survei Regional (Lusera) Mufti Mubarok mengatakan, La Nyalla merupakan “kuda hitam” yang layak diperhitungkan. “Munculnya La Nyalla sangat bagus dan bisa mematahkan wacana calon tunggal dalam Pilkada Jatim, bahkan akan menjadi pesaing kuat bagi calon yang sudah ada sekarang, yaitu Saifullah Yusuf,” katanya.

La Nyalla dikenal sebagai orang dekat Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto. Bahkan, sudah terhitung 2 kali menjadi tim sukses mantan Danjen Kopassus dalam Pilpres. Yakni ketika berpasangan dengan Megawati (Pilpres 2009) dan Hatta Rajasa (Pilpres 2014).

Kedekatan itu yang diprediksi bakal menjadi kartu truf La Nyalla untuk mendapatkan rekom Gerindra. “Sosok La Nyalla sendiri bagi Gerindra bukan orang lain. Apalagi jasa beliau ini terhadap Pak Prabowo saat Pemilu presiden lalu sangat luar biasa,” terang Ferry Juliantono.

Ferry bahkan blak-blakan kedatangannya ke Jawa Timur merupakan balasan atas jasa La Nyalla yang turut mendongkrak suara Prabowo di Pilpres 2014. “Oleh karena itu, saya datang kesini gantian untuk memberi dukungan moril kepada Pak La Nyalla.

Amanat Pak Prabowo juga berpesan, jangan lupa terhadap jasa dan kebaikan orang yang telah membantu. Jadi saya ke sini sengaja hadir menguatkan dukungan Gerindra untuk Pak La Nyalla,” katanya.

Menurut dia, hasil survei yang dikantongi partai, Jawa Timur punya persoalan serius dan butuh karakter pemimpin yang tegas dan visioner. Seperti permasalah inflasi akibat melambungnya harga kebutuhan pokok.

Pemahaman La Nyalla akan perekonomian Jawa Timur ketika memimpin Kadin, bisa menjadi salah satu pertimbangan. Termasuk menyediakan lapangan kerja untuk kurangi angka pengangguran. “Dua masalah besar di Jawa Timur ini, menurut saya perlu sosok pak La Nyalla yang punya pengetahuan tentang ekonomi dari hulu hingga hilir,” katanya.

Karena itu, kendati hanya memiliki keterwakilan 13 kursi di DPRD Jawa Timur, Gerindra tambah Ferry, akan membangun komunikasi intens dengan partai lain agar bisa mengusung calon sendiri. “Beberapa partai sudah menjalin komunikasi adalah PKS, PAN bahkan Perindo siap ikut bergabung meski belum punya suara,” katanya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here