GNPK Jatim Curigai Dana Sertifikat Gratis untuk Giring Pemilih ke Calon Tertentu

0
65

Nusantara.news, Kota Batu – Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK), menduga ada APBD Kota Batu 2016 yang digunakan untuk kampanye terselubung. Modusnya pembiayaan pengurusan sertifikat untuk 1374 RT dan RW.

Rencananya pada bulan Februari ini DPKPP akan memberikan sertifikat gratis kepada Ketua RT dan RW se – Kota Batu.  Untuk itu, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pemkot Batu membagikan sejumlah anggaran kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se – Kota Batu.

Besaran anggaran yang dibagikan gmencapai Rp2,3 miliar yang diambil dari APBD 2017.

Pembagian anggaran tersebut diduga oleh GNPK sebagai bentuk kampanye terselubung untuk mnggiring pemilih memilih calon tertentu. “Karena program tersebut dibuat mendekati masa pilkada. Ini kan bulan politik dan jelang pilkada. Jadi apa yang dilakukan SKPD tersebut bisa saja masuk ke upaya mengarahkan pemilih kepada paslon tertentu. Ini tentunya tidak bisa dibenarkan,” ujar Mariyadi.

Ia mengimbau semua pihak mengawasi peggunaan anggaran dimaksud.

“Perlunya perhatian khusus dan ketelitian setia praktik dan tindak laku dalam penggunaan anggaran, jangan sampai digunakan untuk kepentingan pribadi yang terselubung.” Imbuhnya di Kota Batu, Jumat (10/2/2017)

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu, Ir Himpun membenarkan anggaran sertifikat gratis ke RT – RW itu bersumber dari APBD 2017, melalui proyek daerah (proda).

“Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kehormatan dan apresiasi kepada RT dan RW dalam pengabdiannya kepada masyarakat. Sedangkan subsidi yang diberikan kepada setiap RT dan RW. Dalam pengurusan sertifikat per bidang RT dan RW mendapat bantuan besaran Rp 1,506 juta,” ujarnya kepada awak media, Jum’at (10/2/2017). []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here