Golkar-Demokrat usung Sutiaji-Sofyan untuk Pilkada Malang 2018

0
99
Ilustrasi Golkar Demokrat (SUmber: Nusantara.news)

Nusantara.news, Kota Malang – Akhirnya rekomendasi Partai Demokrat diberikan kepada Wakil Walikota Malang Petahana, Sutiaji untuk maju menjadi Calon Walikota Malang pada Pilkada Kota Malang 2018 nanti.

Rekomendasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 784/DPP.PD/I/2018, yang berisikan bahwa DPP Partai Demokrat merekomendasikan Sutiaji, Wakil Walikota Malang untuk maju menjadi Calon Walikota Malang.

Dalam surat rekom itu, juga disebut nama Sofyan Edi Jarwoko yang didapuk sebagai Calon Wakil Wali Kota. Hal itu sejalan dengan keputusan DPP Partai Golkar juga telah menerbitkan rekomendasi untuk pasangan Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko.

Surat tersebut diterbitkan di Jakarta, 6 Januari 2018 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, masing-masing Susilo Bambang Yudhoyono dan Hinca Panjaitan.

Ketika di konfirmasi, sutiaji meminta untuk menungggu beberapa waktu karena pihaknya masih sedang di Jakarta.”Saya masih di Jakarta. Lebih detail menunggu saya di Malang. Sementara ini silakan menghubungi pihak Demokrat yang memberikan rekomendasi,” paparnya.

Poros Koalisi Golkar Demokrat yang mengusung pasangan Sutiaji – Sofyan Edi memiliki jumlah kursi legislatif sebanyak 10, jumlah yang cukup untuk memenuhi persyaratan menjadi Calon Walikota di KPU.Perolehan kursi Golkar dan Demokrat di DPRD Kota Malang sama-sama berjumlah 5.

Sutiaji Resmi Jadi Kader Demokrat

Turunnya rekomendasi Partai Demokrat ke Sutiaji, membuat ia kini berstatus sebagai kader Partai Demokrat. Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPC Partai Demokrat Kota Malang, Fajar Kuswardhana, membenarkan status Sutiaji sebagai kader partai tersebut.

Demokrat menilai Sutiaji adalah sosok yang cerdas, baik sebagai politikus maupun sebagai wakil wali kota. Kiprah Sutiaji selama menjabat wakil wali kota tetap diperhitungkan banyak pihak. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan Partai Demokrat merekrut Sutiaji sebagai kadernya.

“Kami sudah lama mengenal tentang Pak Sutiaji. Selama ini menurut kami seorang H Sutiaji adalah figur yang santun, agamis, dan bisa sebagai pemimpin Kota Malang yang yang heterogen,” kata Fajar.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPC Partai Demokrat Kota Malang, Fajar Kuswardhana menyampaikan jika saat ini Sutiaji memang berstatus sebagai kader Demokrat.

Ilustrasi, Sutiaji Wakil Walikota Malang (Sumber: Deny dan Fendi-MalangToday)

Sedangkan ketika disinggung alasan memilih Sutiaji, menurutnya dikarenakan sosoknya dinilai memiliki kecocokan untuk memenuhi kualifikasi Demokrat.

“Kami sudah lama mengenal Pak Sutiaji. Selama ini menurut kami seorang Sutiaji adalah figur yang santun, agamis, dan dapat menjadj pemimpin Kota Malang yang heterogen,” papar Fajar. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here