GP Ansor dan Banser Kota Malang Dukung Calon Hanura

0
131
PC GP Ansor Kota Malang (Sumber: Ulul Azmy/MalangTIMES)

Nusantara.news, Kota Malang – Berbicara basis masa untuk dukungan politik di Pemilu atau Pilkada, peran Organisasi Masyarakat (Ormas) tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena Ormas dan Komunitas merupakan salah satu basis massa dan kekuatan suara yang cukup diperhitungkan.

Salah satu Ormas dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) GP Ansor dan Banser Kota Malang menjadi saksi manakala jaket kebanggaan organisasi Banser disematkan kepada kandidat Bakal Calon Walikota Malang, Ya’qud Ananda Gudban.

Ketua DPC Hanura Kota Malang itu, dalam beberapa waktu terakhir kerap menjalin komunikasi dan pendekatan dengan para tokoh dari kalangan Nahdiyin termasuk berhasil meraih dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

GP Ansor dan Ya’qud Ananda Gudban (Sumber: Politika Malang)

Ketua PC GP Ansor Kota Malang, Junaedi Amin, mengatakan sosok Ya’qud Ananda Gudban telah menjadi sahabat istimewa organisasi

“Tugas GP Ansor adalah mencetak generasi handal dan kedepan mampu menjaga keutuhan NKRI dan khususnya Kota Malang. Kader GP Ansor harus bisa menyebar ke semua lini baik legislatif dan eksekutif agar bisa turut serta membangun negara ini. Dimanapun tempatnya kader GP Ansor harus bisa berkembang dengan tetap membawa semangat NU,” tandas Junaedi.

Kedekatan Nanda dengan ormas Ansor sebenarnya bukan hal baru. Seperti diketahui bahwa Ayahnya adalah mantan ketua Ansor provinsi NTT, bahkan kakak kandungnya saat ini juga aktif menjabat sebagai bendahara umum Ansor provinsi NTT.

Ansor, Banser untuk Siapa?

Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Banser merupakan salah satu embrio ormas dari Nahdlatul Ulama (NU). Pastinya dalam ormas tersebut memiliki kekuatan massa dan politik yang cukup diperhitungkan.

PKB juga merupakan salah satu partai dibawah naungan dan semangat NU. Namun tidak hanya itu, apabila kita tilik beberapa partai yang memiliki kedekatan dengan NU yakni PBB, PPP, PKN, dan PKNU.

Dalam gelaran Pilkada Kota Malang 2018 mendatang, PKB mengusung Sang Petahana, M Anton sebagai Bakal Calon Walikota Malang periode selanjutnya.

Dilain sisi poros koalisi lain yang mengusung Nanda Gudban, juga memiliki kedekatan dengan Banser dan GP Ansor Kota Malang. Hal tersebut ditandai dengan digelarnya agenda Dialog Perempuan di Pondok Pesantren Al Hikam beberapa waktu lalu.  Untuk diketahui Nanda Gudban, diusung oleh poros koalisi PAN, PPP dan Hanura.

Secara garis dan ruang lingkup organisasi, kedekatan hubungan GP Ansor dan Banser lebih dekat dengan PKB. Besar kesempatan dukungan GP Ansor dan Banser bermuara pada calon PKB.

Ketua PC GP Ansor Kota Malang, Junaedi Amin mengatakan, jika selama ini Ansor tidak menutup diri bersinergi dengan para tokoh yang akan menjadi calon wali kota dan wakil wali kota di ajang Pilkada Malang 2018 mendatang termasuk dengan sosok Nanda Gudban.

“Ansor menyerahkan sepenuhnya kepada NU tentang siapa nama yang disarankan,” kata Junaedi.

Jika secara garis ruang lingkup organisasi dukungan GP Ansor dan Banser harusnya lebih dekat dengan PKB maka dukungan akan lebih besar mengarah pada calon PKB yakni sang Petahana. Namun, Ketua PC GP Ansor pun memiliki kedekatan tersendiri Nanda Gudban, yang didaulat sebagai sahabat istimewa organisasi GP Ansor.

Kira-kira kemanakah muara dukugan GP Ansor dan Banser Kota Malang? []

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here