Gus Ipul Janjikan Program dan Anggaran Khusus untuk Madura

0
55
Saifullah Yusuf "Kita punya rencana untuk membuat kebijakan dan anggaran khusus untuk memajukan Pulau Madura” (Foto: Tudji)

Nusantara.news, Surabaya – Dukung mendukung terus bermunculan dan menjadi hal lumrah khususnya jelang pemilihan kepala daerah, tak terkecuali jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, yang terjadwal digelar 27 Juni 2018.

Berlangsung di rumah pengusaha asal Madura, Muhammad Huzaini di kawasan Jalan Demak, Surabaya Ikatan Keluarga Madura (Ikamra) Bersatu berikrar mengarahkan dukungan politiknya kepada pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Jatim, di pemilihan kepala daerah, 2018.

Perkumpulan itu mengklaim punya anggota yang jumlahnya cukup besar, hingga jutaan orang tersebar di seluruh tanah air. Lontaran dukungan itu diucapkan bersamaan digelar acara silaturahmi tokoh Ikamra, sekaligus ramah tamah yang juga dihadiri Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Senin (29/1/2018).

“Jumlah anggota kita seluruh Jatim itu jutaan lah, tersebar di berbagai tempat. Saat ini hanya silahturahmi saja, semula di undang 20-an orang, tetapi yang datang segitu banyak, 150 orang. Kita memilih Gus Ipul sudah dipertimbangkan, dua kali Gus Ipul sudah menjadi wakil gubernur. Paling tidak, jika nanti jadi Gus Ipul akan bisa memberantas kemiskinan. Gus Ipul itu putra kiai, haram dan tidak dia itu tahu,” urai Muhammad Huzaini.

Baca juga: Pertarungan Khofifah-Emil Vs Gus Ipul-Puti Serupa Mataram Vs Surabaya

Terkait itu dia meminta kepada anggota dan tokoh-tokoh Ikamra untuk menyampaikan hal itu kepada keluarganya di Madura, agar menyalurkan suaranya kepada Gus Ipul-Puti. Bahkan, Ikamra juga siap menggelar kampanye akbar di wilayah Madura.

“Ketika tahapan kampanye nanti, kami siap menggelar kampanye akbar di Sampang. Sekitar 20 ribu pendukung Gus Ipul-Puti akan hadir. Hanya saja, kami masih belum menentukan jadwalnya kapan,” tandasnya.

Mendapat dukungan komunitas masyarakat Madura tersebut, Gus Ipul mengaku senang dan berterima kasih. Dia juga mengaku sebelumnya telah dekat dengan elemen itu, tidak hanya saat membutuhkan dukungan.

“Kita telah lama terjalin dengan keluarga besar Madura, sering bertemu dalam berbagai acara, dan saat ini dipertemukan dengan tokoh-tokohnya, perwakilan dari berbagai daerah, saya bersyukur. Dan, nanti akan dilanjutkan ke berbagai daerah lainnya di Madura,” kata Gus Ipul.

Janjikan Program dan Anggaran Khusus untuk Pulau Madura

Gus Ipul “Kita telah lama terjalin dengan keluarga besar Madura, sering bertemu dalam berbagai acara, dan saat ini dipertemukan dengan tokoh-tokohnya, perwakilan dari berbagai daerah, saya bersyukur” (Foto: Tudji)

Ditambahkan, jika terpilih menjadi Gubernur Jatim, dirinya akan melakukan perhatian lebih untuk memajukan masyarakat di Pulau Madura. Utamanya dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia dan dukungan infrastruktur untuk memajukan perekonomian daerah.

Baca juga: 4 Tahun Wagub Harta Gus Ipul Meroket, 3 Tahun Mensos Harta Khofifah Merosot

“Secara umum untuk memajukan dan mendukung para petani garam, tembakau dan nelayan. Kita punya rencana untuk membuat kebijakan dan anggaran khusus untuk memajukan Pulau Madura,” terangnya

Cium Tangan Mega, Ini Kata Gus Ipul

Saifullah Yusuf cium tangan Megawati Soekarnoputri usai penyerahan rekomendasi”

Sebelumnya, saat memberikan sambutan, Gus Ipul menyampaikan dan mengulas sedikit kisah pertemuannya yang kemudian menjadi pasangannya sebagai calon wakilnya di Pilgub Jatim, yakni Puti Guntur. Disebutkan, berpasangan dengan Puti Guntur untuk maju di Pilgub Jatim adalah kehendak Tuhan. Dan, masyarakat jatim diminta untuk membantu menuju proses pemilihan Gubernur Jatim.

“Ini semua proses, akhirnya saya “berjodoh” dengan Mbak Puti Guntur Soekarno untuk maju di Pilgub Jatim. Beliau (Puti Guntur) adalah putri tunggal Guntur Soekarno, kakak kandung dari Ibu Megawati Soekarnoputri. Meski tidak ada rencana, ini semua karena takdir dari Allah. Tetapi sambutannya sangat luar biasa, termasuk dari PKB. Kemudian ikut bergabung dan mendukung dari PKS, kalau Gerindra jauh sebelumnya sudah bergabung,” urai Gus Ipul disambut tepuk tangan tokoh-tokoh Ikamra yang hadir.

Menariknya, pendamping Soekarwo selama dua periode sebagai wakil Gubernur Jatim itu juga sempat menceritakan silsilah tentang dirinya, termasuk kedekatannya dengan Kiai Abdurahman Wahid atau Gus Dur, serta dengan Megawati Soekarnoputri.

“Saat itu, saya bersama Muhaimin Iskandar dititipkan oleh Gus Dur kepada Ibu Megawati. Jadi ibu saya itu banyak, selain ibu saya sendiri, kemudian ada Ibu Shinta Nuriyah, karena saya mendapat bimbingan Gus Dur. Kemudian juga Ibu Megawati, wajar jika saya mencium tangan Ibu Megawati, jika bertemu,” urai Gus Ipul, sepertinya dilontarkan kepada pihak-pihak yang menganggap hal itu minor.

Tampak hadir di acara itu, Mat Mochtar, tokoh Madura dari Surabaya yang dikenal loyal kepada PDIP. Hal yang sama juga dilontarkan untuk mendukung Gus Ipul-Puti Guntur untuk menang di Pilgub Jatim.

“Pernah tidak kita dengar Gus Ipul berselisih dengan Pakde Karwo?. Ini bukti beliau bisa menghormati orang lain. Artinya, Jatim itu butuh kebersamaan,” ujarnya.

Warga Banyuwangi Ikrar Dukungan ke Emil

Banjir dukungan juga dirasakan Emil Elistianto Dardak yang menjadi bakal calon wakil Khofifah, di Pilgub Jatim. Lontaran dukungan digelar bersamaan dengan pengukuhan Relawan Banyuwangi yang digelar di lokasi wisata Alam Indah Lestari, Kecamatan Rogojampi, Sabtu (27/1/2018).

Emil “Kita harus punya konsep pembangunan yang jelas, untuk memajukan seluruh wilayah Jawa Timur. Dan itu kita temukan pada sosok Ibu Khofifah Indar Parawansa” (Foto: Tudji)

Baca juga: Khofifah: Berkat Doa Kiai, SDA Jatim Terus Melimpah

Saat itu, didepan ribuan massa pendukungnya, Emil menyampaikan kalau sosok Khofifah sebagai wanita yang memiliki kemampuan, kecerdasan dan terbukti telah melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara, dan layak untuk menjadi Gubernur Jatim meneruskan estafet kepemimpinan Soekarwo.

“Kita harus punya konsep pembangunan yang jelas, untuk memajukan seluruh wilayah Jawa Timur. Dan itu kita temukan pada sosok Ibu Khofifah Indar Parawansa. Untuk itu, kalau mendukung pastikan dengan tegas, ini perjuangan untuk memilih yang terbaik,” terang Emil, saat itu.

Untuk diketahui, Gus Ipul-Puti Guntur diusung gabungan PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS. Sementara, kandidat Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak diusung gabungan koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar, NasDem, Hanura, PAN dan PKPI.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here