Gus Ipul: Kita Berduka Kehilangan Sosok yang Peduli Umat

0
90
Figur ulama yang mencoba terus berusaha sekuat tenaga berdialog antar-iman

Nusantara.news, Surabaya- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku kehilangan dengan meninggalnya KH Hasyim Muzadi, Kamis pagi, 16 Maret 2017. ‎

“Kita berduka. Pertama, kita kehilangan seorang ulama yang selama ini ikut terlibat secara aktif dalam pemberdayaan umat. Beliau sangat peduli terhadap nasib perekonomian umat. Kedua, beliau seorang ulama yang mencoba terus berusaha sekuat tenaga berdialog antar-iman, dan ikut menjembatani konflik-konflik di berbagai belahan dunia, seperti di Thailand dan lainnya. Beliau memperjuangkan suasana damai. Ketiga, KH Hasyim juga banyak ikut dalam proses politik dalam rangka menjaga Indonesia, menjaga keutuhan NKRI, Itulah beberapa hal yang saya catat dari yang dilakukan Almarhum semasa hidupnya. Saat  KH Hasyim menjadi Ketua Umum PBNU, saya Ketua Umum GP Ansor,” ujar Saifullah Yusuf ditemui usai menemui delegasi Cina di Gedung Negara Grahadi, Kamis (16/3/2017).

Lanjut Gus Ipul, panggilan Saifullah Yusuf, KH Hasyim adalah sosok yang berjasa, untuk proses politik dan menjaga keutuhan Indonesia. “Kita sebagai bangsa ini, merasa kehilangan dengan kepergian beliau,” tegasnya.

Dikatakan, di masa reformasi, dirinya sering bertemu dan belajar dari KH Hasyim saat bersama KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke Jawa Timur. “Itu catatan saya tentang Mbah Hasyim. Kita merasa sangat kehilangan,” katanya.

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here