Hanya 17 SMP yang Selenggarakan UNBK di Situbondo

0
136

Nusantara.news,  Situbondo – Tidak seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Situbondo siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tercatat, hanya total 17 sekolah saja yang mampu melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut dari total 91 SMP di seluruh wilayah Situbondo.

Ke-17 SMP yang menyelenggarakan UNBK, terdiri dari 16 sekolah Negeri dan satu sekolah swasta. Satu-satunya SMP swasta menyelenggarakan UNBK yaitu SMP Ibrahimy Sukorejo.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, Fathor Rakhman, tidak ada kendala apa pun 17 SMP yang akan melaksanakan UNBK. Saat melakukan uji coba beberapa waktu lalu, semuanya sudah dinyatakan siap sarana dan prasananya.

“17 SMP penyelenggara UNBK semuanya mandiri, yaitu dilakukan di sekolahnya masing-masing. Meski tahun ini baru 17 SMP melaksanakan UNBK, saya berharap tahun depan 91 SMP negeri dan swasta, sudah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Saat ini di Situbondo ada 41 SMP Negeri dan 50 SMP swasta, ujar Fathor,” katanya.

Fathor Rakhman menambahkan pihaknya sedang berusaha untuk mendorong seluruh sekolah di Kabupaten Situbondo siap melaksanakan UNBK tahun depan. Menurutnya UNBK menjadi salah satu sistem ujian yang berkualitas karena menggabungkan kualitas pendidikan dan nilai kejujuran.

Untuk mensukseskan ujian yang digelar di bulan mei, pihaknya telah berkordinasi denga PLN Situbondo, sebagai langkah untuk memperlancar jalannya UNBK. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here