Harga Cabai Lokal Belum Turun, Cabai Impor Murah Rambah Kota Malang

0
126

Nusantara.news, Kota Malang – Harga cabai lokal masih mahal. Di sisi lain,  ditemukan beberapa cabai kering impor. Cabai tersebut mulai masuk ke pasar-pasar tradisional di Jawa Timur, termasuk di Kota Malang. Berdasarkan informasi yang didapatkan, cabai kering impor tersebut ditemukan di Pasar Merjosari dan Pasar Dinoyo.

Harga cabai-cabai impor tersebut dijual lebih murah daripada harga cabai segar lokal yang melonjak harganya dan tak kunjung turun sejak 2 bulan terakhir ini.

Sahrul, salah satu pedagang di Pasar Dinoyo yang menjual cabai kering impor menuturkan,  harga cabai kering impor lebih murah dari pada cabai mentah lokal. Sahrul menjual cabai kering itu seharga Rp70 ribu – 80 ribu per kilogram.

“Peminat cabai kering impor ini cukup banyak karena harga cabai rawit lokal sekarang sedang mahal dan daya tahan cabai kering lebih lama,” tuturnya saat ditemui Nusantara.news, Minggu (5/3/2017)

Sahrul mengungkapkan bahwa pihaknya memperoleh cabai tersebut dari penjual di Kota Batu. “Saya dapat cabai ini dari tengkulak di Kota Batu,” kata Sahrul

Di pasar lain, Saripah, seorang pedagang di Pasar Merjosari menuturkan, cabai kering impor sudah beredar di pasar ini sejak sebulan lalu. “Sudah sebulan ini, Mas, beredar di beberapa kios di sini. Saya dapat dari pedagang keliling sales bumbu dan sayuran. Katanya dari Surabaya,” ujar Saripah.

Cabai kering tersebut ia beli seharga Rp. 80 ribu per kilogram kemudian ia jual kembali seharga Rp 100 ribu per kilogram. Menurut Saripah, harga cabai kering impor ini lebih murah dari cabai lokal.

“Harganya lebih murah daripada cabai rawit segar lokal yang mencapai Rp 140 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya sudah mengambil sampel cabai kering impor tersebut untuk diperiksa BPOM. Nilai higienis serta kesehatan dari cabai tersebut, kata Wahyu, harus tetap menjadi perhatian.

“Masyarakat harus jeli dan hati–hati. Perlu pemeriksaan kembali terkait kadar kebersihan dan kesehatan cabai ini, karena cabai ini beredar dengan kemasan tanpa merek, sehingga nilai higenisnya agak diragukan,” ujarnya.

Cabai impor kering telah mulai beredar di sejumlah pasar di Kota Malang, sejak beberapa pekan balakangan ini. Untuk itu, masyarakat diminta lebih berhati-hati dan memilih produk yang pasti. Cabai kering tersebut beredar dengan kemasan tanpa merk dan distributor, sehingga kualitasnya pantas diragukan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here